Rayakan Idul Fitri Dengan Sederhana dan Tetap Mawas Diri

Suasana saling bermaaf-maafan setelah sholat idul Fitri di Pasaman Bara
Suasana saling bermaaf-maafan setelah sholat idul Fitri di Pasaman Bara

Kopasnews.com – Dalam suasana dilanda musibah bencana alam, masyarakat Kabupaten Pasaman Barat dihimbau agar rayakan Idul Fitri 1445 Hijriyah dengan sederhana, tidak bermewah-mewah dan tetap mawas diri.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi jelang pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Rabu (10/4).

Dia berjarak hendaknya selalu terciptanya suasana kondusif dengan mengedepankan rasa saling menghormati dan tidak melakukan hal yang dapat mengganggu serta membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Mari rayakan hari yang fitri ini dengan sederhana, sebab kita juga masih berada di tengah-tengah musibah dan bencana alam. Ada saudara kita yang saat ini kehilangan rumah, kendaraan, serta harta benda lainnya karena musibah banjir yang melanda. Kita juga menghimbau agar masyarakat Pasbar merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan mawas diri, terutama di tempat wisata,” pesannya.

Baca Juga :Perayaan Idul Fitri Kekuatan Besar Bagi Umat Muslim

Himbauan tersebut juga tertuang dalam Surat Edaran Bupati (SE) Nomor 450/093/Kesra/2024 tentang Himbauan Pelaksanaan Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. SE itu ditujukan pada Kakan Kemenag, Kepala OPD, Camat, serta Wali Nagari agar disosialisasikan kepada masyarakat pada wilayah masing-masing.

Bupati juga menyampaikan program unggulan keagamaan diantaranya Magrib Mengaji dan Tahfidz Alquran yang diharapkan dapat menjangkau ke jenjang SMA. Ia memohon dukungan masyarakat Pasbar demi menciptakan Pasbar yang agamais dan Hafidz Alquran di masa yang akan datang. (rhm)