Shin Tae-yong Keluarkan Jurus Jitunya Kalahkan Negara Sendiri

Pelatih Tim U-23 Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers usai laga Indonesia vs Korea Selatan Jumat (26/4) di Stadion Abdullah bin Khalif, Doha, Qatar
Pelatih Tim U-23 Indonesia Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers usai laga Indonesia vs Korea Selatan Jumat (26/4) di Stadion Abdullah bin Khalif, Doha, Qatar

 

Kopasnews.com – Shin Tae-yong membuktikan profesionalismenya sebagai pelatih Tim U-23 Indonesia. Terbukti jurus jitu arsitek asal Korea Selatan membuat negara asalnya itu tersingkir di babak delapan besar Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4) WIB.

Dalam sesi jumpa pers sehari jelang laga, STY mengaku ini laga berat. Pasalnya, ini laga pertama, dia harus berhadapan dengan negara asalnya sejak menjadi pelatih.

Namun, pada perempat final ini, segala kegalauan ia kubur dalam-dalam. Ia pun mengeluarkan strategi apik untuk meredam negeri Ginseng itu.

Apa jurus jitu STY? Mental, karakter, fisik, dan skema permainan yang jelas dan terukur.

“Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain, ini sangat menyedihkan dan sulit. Pemenangnya harus ditentukan, dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Shin Tae-yong sesuai laga.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong, mengakui hasil ini meningkatkan kepercayaan diri timnya. Menurut juru taktik berusia 53 tahun itu, target ke final pun kini menjadi hal yang mungkin dicapai timnas U23 Indonesia.

“Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar,” tambahnya di kutip dari PSSI.

Selain itu, pada laga ini kiper Ernando Ari juga tampil heroik. Kiper asal klub Persebaya tersebut melakukan sejumlah aksi penyelamatan.

Baca Juga : Indonesia U-23 Ukir Sejarah Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Lawan Selanjutnya Uzbekistan Atau Arab Saudi

Puncaknya saat fase adu penalti. Ia menepis dua tembakan pemain Korea Selatan, yakni Kang Sang-yoon dan Kang-Hee Lee. Sementara itu, dari kubu Indonesia, hanya Arkhan Fikri yang gagal mencetak gol. Pertandingan pun berakhir dengan skor 11-10 untuk kemenangan Indonesia.

Menariknya, Ernando tidak diam saja usai berhasil menepis tendangan penalti pemain Korea Selatan. Ia langsung berjoget di dekat aksekutor penalti tersebut.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Uzbekistan atau Arab Saudi pada semifinal Piala Asia U23 2024 yang berlangsung Senin (29/4) mendatang. (*)