Menlu Australia Resmi Menikah Dengan Sesama Jenis, Perdana Menterinya Ikut Ucapan Ini

Menteri Luar Negeri Australia resmi menikah dengan sesama jenisnya.IG Senator Pennywong
Menteri Luar Negeri Australia resmi menikah dengan sesama jenisnya.IG Senator Pennywong

Kopasnews.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Penny Wong telah resmi menikah dengan pasangannya sesama jenis yakni abuSophie Allouache di Adelaide pada Sabtu (16/3/2024).

Berdasarkan informasi yang diperoleh ABC, pernikahan tersebut diadakan di Bird in Hand winery (kilang anggur Bird in Hand) di Woodside di Adelaide Hills, Australia.

“Kami senang karena banyak keluarga dan teman kami dapat merayakan hari istimewa ini bersama kami,” tulisnya dalam sebuah unggahan di Facebook dan Instagram, seperti dilansir ABC News, Minggu (17/3).

Dua orang putri dari pasangan itu, Alexandra (12) dan Hannah (8), menjadi gadis pembawa bunga dalam pesta itu.

Pesta tersebut turut dihadiri oleh Perdana Menteri Anthony Albanese dan tunangannya Jodie Haydon, serta sejumlah anggota Partai Buruh.

Ribuan ucapan selamat pun segera membanjiri kolom komentar akun menlu Australia itu, termasuk dari Menteri Dalam Negeri Australia Clare O’Neil dan Menteri Keterampilan dan Pelatihan Brendan O’Connor.

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dalam pertemuan ASEAN post ministerial conference, Rabu (13/7/2023) lalu. Dok Kemlu RI
Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dalam pertemuan ASEAN post ministerial conference, Rabu (13/7/2023) lalu. Dok Kemlu RI

Perdana Menteri Australia Selatan Peter Malinauskas yang tidak hadir dalam acara tersebut, turut mengucapkan selamat kepada pengantin baru tersebut.

“Saya turut berbahagia untuk mereka dan saya harap mereka menjalani hari yang menyenangkan,” kata Malinauskas.

Selain itu, pemimpin oposisi Senat Simon Birmingham mengirimkan keinginannya melalui postingan Facebook milik Wong.

“Semoga komitmen mereka satu sama lain membuat mereka menikmati hidup bersama yang dipenuhi cinta dan kebahagiaan, serta kekuatan di saat-saat sulit,” kata Birmingham.

Baca Juga : Menteri PUPR Perbaiki Prasarana Yang Rusak Pasca Bencana Banjir dan Longsor

Wong dan Allouache pertama kali bertemu pada tahun 2007, namun tidak mengumumkan pertunangan mereka secara terbuka.

Penny Wong merupakan perempuan LGBTQ pertama yang secara terbuka menjabat di senat dan kemudian di kabinet ketika ia ditunjuk sebagai Menteri Perubahan Iklim.

Ketika Australia memberikan suara untuk mengizinkan pasangan sesama jenis menikah dalam sebuah jajak pendapat bersejarah pada tahun 2017, Wong terlihat sangat terharu dan menangis dalam momen tersebut dikutip dari liputan6.com. (*)