Menang 2-0 Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia kontra Filipina yang berlangsung Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta berakhir dengan kemenangan 2-0. Foto: tangkapan layar
Timnas Indonesia kontra Filipina yang berlangsung Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta berakhir dengan kemenangan 2-0. Foto: tangkapan layar

Kopasnews.com – Tim nasional Indonesia berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (11/6) malam. Kemenangan ini memastikan Indonesia sebagai runner-up Grup F, mendampingi Irak yang menjadi juara grup.

Pada pertandingan tersebut, gol pertama Indonesia dicetak oleh Thom Haye melalui tembakan jarak jauh pada menit ke-32. Gol kedua disumbangkan oleh Rizky Ridho melalui sundulan pada menit ke-56, memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Nathan Tjo A-On. Dari babak pertama dan babak kedua, Indonesia lebih dominan menguasai pertandingan. Belasan peluang tercipta gagal dikonversi menjadi gol oleh skuad Garuda pada pertandingan terakhir Grup F.

Baca Juga : Indonesia Harus Menang di Laga Terakhir Grup F untuk Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dengan hasil ini, Indonesia mengumpulkan total 10 poin dari tiga kemenangan, satu kali seri, dan dua kekalahan melawan Irak. Irak sendiri kokoh di puncak klasemen dengan 15 poin. Sementara itu, Vietnam yang baru mengumpulkan 6 poin dari lima pertandingan dipastikan tersingkir, terlepas dari hasil laga terakhir mereka melawan Irak.

Putaran ketiga kualifikasi akan berlangsung mulai September 2024 hingga Juni 2025, dengan 18 tim yang terbagi dalam tiga grup. Setiap grup terdiri dari enam tim, di mana dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Peringkat ketiga dan keempat dari masing-masing grup akan berjuang di putaran keempat untuk memperebutkan dua tiket tambahan.

Keberhasilan Indonesia menembus putaran ketiga juga memastikan tiket otomatis ke Piala Asia 2027 yang akan diselenggarakan di Arab Saudi. Sementara itu, Vietnam dan Filipina, yang gagal melanjutkan langkah di Kualifikasi Piala Dunia, akan bertanding di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia untuk memperebutkan enam tiket tersisa.

Baca Juga : Timnas Indonesia U-20 Dikalahkan Ukraina di Toulon Cup 2024

Prestasi ini merupakan pencapaian terbaik Timnas Indonesia dalam sejarah kualifikasi Piala Dunia, melampaui pencapaian sebelumnya yang hanya mampu mencapai putaran kedua pada tahun 1986.

Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, mulai 11 Juni hingga 19 Juli 2026. Indonesia kini berada dalam posisi yang baik untuk mencetak sejarah baru dalam kompetisi sepak bola dunia ini. (fah)