Gol Penalti Guinea Mengubur Mimpi Timnas U-23 ke Olimpiade Paris 2024

Pemain Tim U-23 Indonesia Komang Teguh saat berebut bola dengan pemain Guinea pada babak play off Olimpiade Paris 2024. Indonesia kalah 0-1 lewat gol penalti di dapatkan Guinea, Kamis (9/5) malam
Pemain Tim U-23 Indonesia Komang Teguh saat berebut bola dengan pemain Guinea pada babak play off Olimpiade Paris 2024. Indonesia kalah 0-1 lewat gol penalti di dapatkan Guinea, Kamis (9/5) malam. Dok PSSI

Kopasnews.com – Tim U-23 Indonesia gagal melangkah menuju Olimpiade Paris 2024 usai kalah 0-1 dari Guinea melalui babak play-off di Stade Pierre Pibarot, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam.

Eksekusi penalti yang didapatkan Guinea karena pelanggaran yang dilakukan Witan Sulaeman dan mampu dikonversi menjadi gol oleh Ilaix Moriba pada menit ke-29 membuat mimpi Indonesia terkubur dalam, hingga babak kedua pun Timnas U23 tak mampu menyamakan kedudukan.

Bahkan di babak kedua, giliran Dewangga menjatuhkan pemain Guinea di kotak terlarang. Beruntung saja Ernando Ari mampu menyapu bola ke luar, hingga Indonesia hanya kebobolan 1-0 oleh Tim Afrika tersebut.

Indonesia yang memakai jersey berwarna putih-putih-putih sebenarnya mampu mengancam gawang Guinea.

Indonesia memiliki peluang di menit ke-14, namun sepakan Rafael Struick gagal menjadi gol. Lanjut pada menit ke-16, sepakan Pratama Arhan masih bisa diamankan kiper Guinea.

Pada menit ke-40, Marselino mendapatkan peluang tetapi tendangannya masih melebar. Indonesia nyaris kebobolan lagi pada menit ke-45, namun berkat ketenangan Ernando, tendangan striker Guinea Bah Algassime berhasil dipatahkan.

Skor 1-0 untuk keunggulan Guinea bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga : Babak Play Off Penentuan Nasib Timnas U-23 Menuju Olimpiade Paris

Pada babak kedua, Indonesia dan Guinea saling melakukan serangan. Tapi kedua tim tidak mampu mencetak satu gol pun. Hingga Dewangga menjatuhkan pemain Guinea di Kota Penalti. Beruntung saja kiper Indonesia Ernando Ari bisa menyelamatkan gawang Indonesia dari eksekusi penalti.

Sampai pertandingan berakhir tidak ada gol tercipta oleh kedua tim. Gol tunggal lewat penalti di dapatkan Guinea mengubur mimpi Tim Merah Putih melaju ke Olimpiade Paris 2024. Hanya tiga wakil Asia yang akan bertanding pada turnamen perwakilan negara Asia dan Eropa itu, yakni Jepang, Uzbekistan dan Irak.

Susunan Pemain :

Indonesia: Ernando Ari, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Nathan Tjoe-A-On, Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Guinea: Soumaila Sylla, Ibrahima Diakite, Saidou Sow, Mohamed soumah, Maadiou Keita, Issiaga Camara, Aguibou Camara, Ilaix Moriba, Ousmane Camara, Algassime Bah, Facinet Conte. (fah)