Iran Tumbangkan Jepang 2-1 Diperempat Final

Timnas Iran berhasil hentikan langkah Jepang di perempat final Piala Asia 2023 dengan skor 2-1. Terlihat pemain Iran dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Jepang. Reuters/Thaier Al-Sudani
Timnas Iran berhasil hentikan langkah Jepang di perempat final Piala Asia 2023 dengan skor 2-1. Terlihat pemain Iran dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Jepang. Reuters/Thaier Al-Sudani

 

 

Kopasnews.com – Timnas Iran berhasil meraih tiket Semifinal setelah menumbangkan Jepang dengan skor 2-1 di Stadion Edukasi, Sabtu (3/2). Jepang harus rela berhenti di perempat final atas kekalahan yang diterimanya.

Nasib Iran hampir sama yang dialami oleh Korea Selatan, sama-sama tertinggal lebih awal di babak pertama. Gol pembuka diciptakan Hidemasa Morita pada menit ke-28 ke gawang Iran, skor 1-0 keunggulan Jepang.

Akan tetapi nasib berkata lain, akhirnya dua gol di balaskan oleh Timnas Iran pada babak kedua. Gol penyeimbang dilesakan oleh Mohammad Mohebi pada menit ke-55 dan gol penutup pertandingan di ciptakan oh Alireza Jahanbakhsh pada menit ke-90+6 lewat eksekusi penalti.

Gol yang disarangkan oleh Iran pada menit tambahan waktu membuat mimpi Jepang ke semifinal kandas. Tim Melli julukan Kran harus berjumpa dengan Qatar yang merupakan tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga : Korea Selatan Hentikan Langkah Australia ke Semifinal

Bahkan saat sesi jumpa pers, Pelatih Iran Amir Ghalenoei mengkritik media Iran yang dianggapnya ingin merusak timnas yang ia pimpin.

“Semua orang harus percaya pada pelatih Iran. Kami punya banyak pelatih bagus Iran yang tidak bisa tampil di Eropa karena situasi politik Iran,” kata Ghalenoei dikutip dari Reuters.

Dia menyebut selama 11 bulan terakhir, media Iran mengkritik Timnasnya ketika berpartisipasi dalam Turnamen Internasional Yordania dan Piala CAFA.

“Tapi Anda bisa lihat dari delapan tim di perempat final Piala Asia, lima tim berasal dari turnamen itu. Tiga tim dari turnamen tersebut mencapai semifinal,” tutur Ghalenoei kepada media Iran. (*)