Bola  

Timnas Indonesia Dikalahkan Irak 1-3 Gara-Gara VAR

Jordy Amat saat meladeni perlawanan Timnas Irak di depan gawang Ernando Ari, Senin malam. Istimewa
Jordy Amat saat meladeni perlawanan Timnas Irak di depan gawang Ernando Ari, Senin malam. Istimewa

Kopasnews.com – Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023 (2024) di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada Senin (15/1) malam.

Laga baru di mulai, Indonesia mendapatkan tekanan lawan. Singa Mesopotamia hampir saja menjebol gawang Indonesia melalui tandukan Rasyid Osama pada menit ke-3 berawal dari bola set piece.

Tak lama kemudian, peluang di pertama timnas Indonesia didapatkan Marcelino Ferdinan tidak membuahkan hasil. Bola muntah yang di shooting kaki kirinya membentur mistar gawang.

Serangan terus bertubi-tubi dilakukan Irak yang cukup mengancam gawang Ernando Ari. Bahkan nyaris membuahkan gol. Lagi lewat bola terobosan yang di sambut M.Ali dengan pergerakannya mampu mengecoh pemain belakang Indonesia.

Bola berhasil di bawa kedepan dan dengan mudah di tusukan lewat kaki kanannya ke gawang Ernando Ari pada menit ke- 17′. Irak unggul 1-0.

Baca Juga : Kejutkan Jepang, Vietnam Lebih Awal Unggul

Namun Indonesia mampu menyamakan kedudukan 1-1  lewat sontekan Marcelino Ferdinan pada menit ke- 37′ setelah menerima umpan silang dari dari Y.Sayuri. bola yang diterimanya di depan gawang Irak, langsung di tusukan. Skor 1-1.

Sayang sekali kesalahan dilakukan para pemain Timnas di injuri time membuat Irak kembali berbalik unggu 2-1 setelah Osama Rashid mencetak gol kontroversial pada menit ke-45+7′.

Pada babak kedua, Indonesia bertubi-tubi mendapatkan tekanan setelah Asnawi Mangkualam digantikan Witan Sulaiman.

Beruntung bola di tusukan Mohanad Ali ke gawang Indonesia tidak sah, karena hasil VAR yang ditinjau wasit asal Uzbekistan menyatakan Mohanad Ali terjebak offside.

Sempat menekan Irak beberapa menit saja. Indonesia kembali mendapatkan tekanan. Aymen Hussein berhasil menambah pundi-pundi gol bagi Irak usai memenangkan duel di udara dengan Rizki Ridho. Bola yang dipegang kaki kanannya menjebol gawang Timnas Indonesia. Skor 3-1 kenangan Irak hingga laga kedua usai.

Baca Juga : PSSI Resmi Datangkan Bek Liga Italia Perkuat Lini Belakang Timnas

Kemudian Pelatih Timnas Shin Tae-yong memasukan Sandy Waslh, namun skor tidak berubah hingga Pluit panjang di bunyikan wasit asal Uzbekistan itu.

Berdasarkan hasil pertandingan tersebut, Indonesia berada di dasar klasemen sementara Grup D. Jepang berada di puncak klasemen diikuti Irak yang juga meraup tiga poin pada laga perdana Piala Asia 2023.

Grup D
1. Jepang 3
2. Irak 3
3. Vietnam 0
4. Indonesia 0

Susunan Pemain Indonesia vs Irak

Indonesia: Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott (Ricky Kambuaya 76′) Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman 45′), Ivar Jenner (Mark Klok 76′), Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick (Dimas Drajad 76′)

Irak: Jalal Hassan (PG); Hussein Ali Haidar, Saud Natiq, Ali Adnan, Merchas Gazhi; Osama Rashid (Youssef Amyn 71′), Ibraheem Bayesh, Amir Al Ammari; Zidane Iqbal (Bashar Rasan 60′), Mohanad Ali (Aymen Hussein 60′) Ali Jasim. (fah)