Bola  

26 Pelatih Terima Sertifikat Kepelatihan Lisensi D Nasional

20230625 2129591688062521596 1

Solsel, kopasnews.com – Sebanyak 26 orang pelatih sepak bola di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) terima sertifikat kepelatihan lisensi D nasional.

Sertifikat kepelatihan tersebut sebagai syarat bagi klub nantinya untuk bisa mengikuti kompetisi di Liga Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Solok Selatan di tahun 2023.

“Kita sudah fasilitasi klub untuk mengirim pelatihnya ikuti Lisensi D Nasional. Bahkan kita Askab PSSI Solsel subsidi anggaranya, tapi hanya 26 klub yang mengirim pelatihnya. Ini sangat kita sayangkan,” kata Ketua Askab PSSI Solok Selatan Muhammad Iqbal, Minggu, (25/6/2023).

Baca Juga : PSSI Solsel Subsidi Pelatih Dapatkan Lisensi D Nasional

Pentingnya pelatih berlisensi untuk membangun sepak bola daerah dengan baik dan lebih bermutu di masa mendatang. Sebab itu kata Iqbal harus ditopang dengan keberadaan pelatih yang profesional dan memiliki manajemen kepelatihan yang matang dalam memanejerial klub masing-masing.

“Malam ini kita serahkan sertifikat lisensinya ditandatangani oleh Ketua Umum PSSI Pusat sebelumnya yakni Mochammad Iriawan,” sebut Iqbal.

Tentu saja harapnya pelatih yang sudah menimba ilmu dari intruktur PSSI Pusat pada Desember 2022 lalu, hendaknya kepemimpinannya sebagai pelatih dapat meningkatkan pengembangan sepak bola yang matang dan terarah di Solok Selatan.

Dengan harapan Ketua PSSI Solsel itu, pelatihan lisensi ini bagi para pelatih sebagai upaya PSSI mengejar ketinggalan sepak bola daerah. Kedua sebagai langkah pertama klub tersebut menjadi klub mandiri, berdiri sendiri dan berprestasi.

Baca Juga : Skuad Argentina Direpotkan Arhan dan Dibuat Frustasi Asnawi, Berikut Skornya

“Seiring membina klub yang sudah ada, kita juga berharap pelatih berlisensu juga dapat membuka Sekokah Sepak Bola (SSB) sehingga terlahir pesepakbola kelompok usia di setiap klub. Mulai usia 9, 10, 11 dan 12 tahun,” harapnya.

Penyerahan sertifikat lisensi tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua Askab PSSI Solsel Sepri Doni Inyiak Panji Api, Exco Kompetisi Syahrizal Chan, Ketua Pelaksana Wiro Irwandi, dan Exco Pelatih Aidil dan lainnya.

(adi)