Kualitas Pemain Pelapis Timnas Indonesia Dinilai Semakin Baik

Pemain Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan saat duel dengan pemain Tanzania pada laga uji coba di SUGBK Minggu (2/6/2024). Foto : PSSI
Pemain Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan saat duel dengan pemain Tanzania pada laga uji coba di SUGBK Minggu (2/6/2024). Foto : PSSI

Kopasnews.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menilai bahwa kualitas para pemain pelapis tim nasional Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penilaian ini disampaikan setelah Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Tanzania dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Minggu (2/6).

“Dalam laga uji coba tadi, semua pemain kita turun dan kita lihat kualitasnya mulai merata karena serangan ke Tanzania tidak kendur di babak kedua. Ini yang saya inginkan agar kita punya dua kali sebelas timnas senior yang benar-benar kuat,” ujar Erick setelah pertandingan yang disaksikan oleh 5.831 penonton tersebut.

Erick tidak terlalu mempermasalahkan hasil imbang yang diraih skuad Garuda menjelang dua laga terakhir babak kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua zona Asia. Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada 6 Juni dan lima hari kemudian, 11 Juni, Filipina akan menjadi lawan terakhir Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan.

“Target utama adalah meraih tiga poin di dua laga terakhir itu sehingga kita bisa lolos ke babak ketiga bersama 17 negara Asia lainnya untuk memperebutkan tiket Piala Dunia. Imbang lawan Tanzania saya ibaratkan masa adaptasi lagi bagi pemain untuk makin kompak,” lanjut Erick.

Erick menggambarkan hasil imbang tersebut sebagai periode pemanasan sebelum tampil maksimal di laga sesungguhnya, serupa dengan pengalaman timnas U-23 menjelang Piala Asia U-23 di Qatar.

Baca Juga : Timnas Indonesia Bermain Imbang Lawan Tanzania Jelang Hadapi Irak dan Filipina 

“Hal ini pernah kita alami sebelum Piala Asia U-23 lalu. Kita kalah di uji coba lawan UEA dan Arab Saudi. Tapi di turnamen sebenarnya, kita bisa mengalahkan tim kuat seperti Australia, Yordania, dan Korea Selatan. Artinya, pasti ada hal yang bermanfaat dan diraih dari hasil imbang itu,” ujarnya.

Dalam laga uji coba melawan Tanzania yang menempati peringkat FIFA 119, timnas Indonesia menurunkan seluruh pemain yang masuk line-up.

Pemain yang jarang diturunkan seperti Muhammad Ferrari, Malik Risaldi, dan Dimas Drajad ikut berlaga, termasuk beberapa pemain U-23 yang belum lama ini mencetak prestasi di Piala Asia U-23 Qatar. (*)