Kepala SMA Sederajat Berterima Kasih Atas Program Seragam Gratis Pemkab Solsel

Kepala SMA/SMK se Kabupaten Solok Selatan foto bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat saat Tim Safari Ramadhan berkunjung ke Masjid Al Mukhlisin, Sungai Pagu. Dok kopasnews.com
Kepala SMA/SMK se Kabupaten Solok Selatan foto bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat saat Tim Safari Ramadhan berkunjung ke Masjid Al Mukhlisin, Sungai Pagu. Dok kopasnews.com

Kopasnews.com – Walaupun SMA/SMK Kewenagan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), namun tetap mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Termasuk Madrasyah Aliyah (MA) di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Ribuan stel seragam sekolah gratis tersebut disalurkan Pemkab kepada siswa baru sekolah SMA sederajat, hal itu sebagai bentuk dukungan, support, dan kepedulian kepala daerah setempat terhadap kelanjutan pendidikan disamping meringankan beban orang tua siswa.

“Kita lihat di Kabupaten/Kota lain belum ada program seragam gratis di canangkan Pemdanya untuk siswa SMA sederajat, dan kita di Kabupaten Solok Selatan sangat beruntung. Sebab di anggarkan oleh Pemkab sebagai bentuk kepedulian terhadap putra putri daerah atau dunia pendidikan,” kata Kepala SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra, Jumat (22/3/2024).

Dia bersama Kepala Sekolah SMA/SMK dan Madrasah Aliyah (MA) se Solok Selatan bersyukur seiring berterima kasih kepada Pemkab Solok Selatan.

Baca Juga : TSR Serahkan Bantuan Seiring Pererat Silaturahmi di Bulan Ramadhan

Walaupun SMA/SMK adalah kewenangan Pemprov Sumbar katanya, akan tetapi tetap mendapatkan perhatian khusus dari Pemkab Solok Selatan. Terutama terkait penyaluran seragam gratis bagi siswa baru

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Solsel atas perhatian diberikan kepada siswa SMA/SMK dan MA di daerah ini. Karena belum pernah di lakukan oleh Pemda dan Pemko daerah lain di Sumbar,” sebut Kepala Sekolah Penggerak itu.

Bantuan yang diberikan kepada siswa baru SMA sederajat, berupa seragam pramuka satu stel, dan baju putih abu-abu untuk satu orang siswa. Untuk SMA sederajat di Solok Selatan ribuan stel seragam dibagikan oleh Pemkab Solsel.

Apalagi dalam kondisi ekonomi masyarakat di tahun ini banyak yang kurang stabil, sehingga seragam sekolah gratis yang akan disalurkan Pemkab di tahun ajaran baru 2024/2025 sangatlah dinantikan oleh masyarakat atau siswa.

“Di SMAN 3 Solsel saja pada tahun ajaran baru 2023/2024 mendapatkan jatah 700 stel dari Bupati Solsel, dan untuk seluruh SMA/SMK/MA diperkirakan lebih dari 3.000 stel di berikan Pemkab. Beban orang tua siswa kami terbantu, apalagi kalangan ekonomi lemah,” tutur Akmalu didampingi Kepala SMAN 6 Solok Selatan Edi Nasri.

Dan pada tahun ajaran baru 2024/2025 ini juga telah disediakan anggarannya oleh Pemkab Solok Selatan sebesar Rp4,2 miliar, pernyataan ini selalu di sampaikan Bupati Solok Selatan Khairunas disetiap turun berkunjung ke sekolah-sekolah dan di setiap malam turunnya Tim Safari Ramadhan (TSR) Kabupaten ke Masjid dan ke Mushalla se Solok Selatan.

“Ini menandakan kecintaan Bupati dibidang pendidikan dan terhadap generasi daerah yang akan menjadi generasi emas pada tahun 2045 nanti,” pungkasnya. (adi)