Polri Siapkan Pengamanan untuk Welcoming Dinner World Water Forum ke-10 di Bali

Polisi dikerahkan untuk pengamanan Welcoming Dinner bagi tamu event World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali Minggu (19/5)
Polisi dikerahkan untuk pengamanan Welcoming Dinner bagi tamu event World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali Minggu (19/5)

 

Kopasnews.com – Polri telah mengatur pengamanan ketat untuk acara Welcoming Dinner bagi tamu event World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diadakan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) pada Minggu malam. Acara ini melibatkan sejumlah satgas dan personel dalam Operasi Puri Agung.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menyampaikan bahwa seluruh Satgas Operasi Puri Agung terlibat dalam pengamanan ini, termasuk Satgas preemtif, preventif, tindak, dan lainnya.

“Kami telah melibatkan Satgas preemtif, preventif, tindak, dan satgas lainnya dalam Operasi Puri Agung untuk memastikan pengamanan selama acara berlangsung,” ujar Trunoyudo.

Sebanyak 433 personel Polri akan dikerahkan dan bekerja sama dengan Paspampres serta TNI. Pengamanan akan dibagi menjadi tiga ring, dengan Paspampres di ring 1, TNI di ring 2, dan Polri di ring 3.

Baca Juga : Prabowo Bertolak Dari Qatar ke Padang Usai Dapat Kabar Sumbar Dilandang Banjir Bandang

“Pengamanan akan mencakup semua aspek, mulai dari venue akomodasi hingga lokasi welcoming dinner, dengan berbagai langkah pengamanan strategis,” tambah Trunoyudo.

Rencana pengamanan ini telah disimulasikan melalui Tactical Floor Game (TFG) dan latihan pra operasi oleh Satgas. Seluruh operasi berada di bawah kontrol posko 91 Command Center 91 ITDC, Nusa Dua, Bali.

“Kaposko akan memonitor sebaran personel melalui aplikasi GPS dan komunikasi melalui body warm dan HT,” jelasnya.

Kaposko bertanggung jawab untuk mengendalikan seluruh pelaksanaan pengamanan, mulai dari akomodasi hingga kedatangan delegasi VIP dan VVIP di GWK.

Sebagai Kasatgas Humas Operasi Puri Agung 2024, Trunoyudo juga menyatakan bahwa sosialisasi mengenai acara ini akan dilakukan oleh Satgas Humas untuk memastikan pengaturan lalu lintas dan akses menuju GWK berjalan lancar.

Baca Juga : Walau Tak Ada Aksi Massa Polri-TNI Harus Tetap Siaga Mayday

“Beberapa ruas jalan akan dialihkan pada waktu tertentu untuk memastikan kelancaran dan keamanan seluruh kegiatan,” pungkas Trunoyudo.

Dengan pengamanan yang ketat dan terkoordinasi, diharapkan acara Welcoming Dinner WWF ke-10 dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi semua tamu yang hadir. (auf)