Sah Jadi WNI, Shayne Pattynama Siap Debut Timnas di Piala Asia 2023

Syaine Pattynama resmi jadi PWI usai melaksanakan Sumpah WNI di Kemenkumham RI di Jakarta. Foto PSSI
Syaine Pattynama resmi jadi PWI usai melaksanakan Sumpah WNI di Kemenkumham RI di Jakarta. Foto PSSI

Jakarta, kopasnews.com – Impian pemain keturunan Shayne Pattynama untuk membela Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023 jadi nyata. Hal ini ditandai dengan telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain asal Belanda itu telah di ambil sumlah sebagai WNI pada Selasa (24/1/2023), di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta.

Pemain yang lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998 itu ditemani oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan dan utusan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan.

“Alhamdulillah Shayne Pattynama telah resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Tentunya ini yang ditunggu-tunggu oleh kita.Terima kasih kepada Bapak Presiden, juga kepada DPR, Komisi III, Komisi X, Menpora, dan semua,” kata Mochamad Iriawan.

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Baca Juga : Shayne Pattynama Selangkah Lagi Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Setelah ini, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Jika tahapan itu berjalan lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu bisa memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI, Ibnu Chuldun mengatakan bahwa dengan ini Shayne, resmi sebagai Warga Negara Indonesia sebagaimana tercantum dalam surat keputusan.

“Saya berharap agar Shayne menjadi warga negara Indonesia yang baik, bisa berkontribusi khususnya dalam persepakbolaan Indonesia. Kita merindukan tim sepak bola di tingkat yang lebih tinggi. Saya yakin dia bisa membawa tim Indonesia menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Kembali ke Shayne, dia amat bangga telah menjadi warga Indonesia. Dan dia membayangkan ayahnya pasti juga satu rasa dengannya.

“Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya,” kata Shayne Pattynama.

Shayne mengaku ingin membawa skuad Garuda lolos ke Piala Dunia dan menjadi salah satu tim terbaik di Asia.

“Saya ingin bermain untuk Timnas Indonesia, karena itu akan jadi penghormatan terbesar buat saya. jika bisa saya ingin bermain sebagai bek kiri,” tambahnya.

 

“Saya adalah seorang pemimpi, jadi impian saya bersama Timnas Indonesia adalah bermain di Piala Dunia bersama Indonesia, 100 persen, dan saya ingin membawa Indonesia jadi salah satu tim terbaik di Asia. Jadi saya punya impian besar dan saya yakin kita bisa melakukan hal itu,” jelas Viking FK tersebut.

Shayne merupakan salah satu pemain naturalisasi hasil rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dilansir dari situs PSSI. (*)