Ribuan Pesepeda se Sumatera Bakal Ramaikan Gowes Solsel Sambut Hari Jadi

Panitia pelaksana gowes Aprisal Dani dan lainnya memperlihatkan stiker kegiatan gowes Yang akan dilaksankan Sabtu (30/12)
Panitia pelaksana gowes Aprisal Dani dan lainnya memperlihatkan stiker kegiatan gowes Yang akan dilaksankan Sabtu (30/12)

Solsel, kopasnews.com – Ribuan pesepeda peserta gowes dari Sumatera seperti Sumbar, Riau, Jambi, Palembang, Medan dan Aceh akan menjelajah alam Kabupaten Solok Selatan.

Gowes tersebut sebagai wujud menperkenalkan Kabupaten Solok Selatan ke masyarakat luar, baik kondisi daerahnya, alamnya, dan pariwisatanya. Disamping menyambut hari jadi Solsel ke-19 tepatnya 7 Januari 2023.

“Untuk peserta dari luar daerah sebanyak 1.200 orang dari 81 klub sepeda dan dari Kabupaten Solok Selatan sebanyak 500 orang. Yang sudah mendaftar kepada panitia sudah 1.300 orang lebih,” ungkap Panitia Gowes, Aprisal Dani, Jumat (30/12/2022) di Kantor Bupati Solsel.

Dia menyebut untuk rute gowes atau pesepeda dari Sumatera ini start di Kantor Bupati Solok Selatan menuju Samsat, rest area puncak bangun rejo, rest area simpang camintoran dan finish di RTH Solok Selatan di Padang Aro.

Club sepeda yang akan menjelajah alam Solsel ini berasal dari Aceh, Pekan Baru, Kota Medan, Sibolga, Kampar, Kota Jambi, Kerinci, dan Muaro Bungo. Termasuk sejumlah daerah di Sumatera Barat dan Solsel.

Baca Juga : Kisah Dibalik Suksesnya Atlet Balap Sepeda Yang Akhirnya Rebut Medali Emas

“Momen gowes ini dalam menggairahkan hari jadi Solsel ke-19, serta memperkenalkan budaya daerah kepada masyarakat luar,” terangnya.

Gowes sepeda santai ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. Juga tersedia
Doorprize sebanyak 10 unit sepeda motor, kulkas, mesin cuci, televisi dan hadiah menarik lainnya.

Hal ini setidaknya dapat memotivasi masyarakat untuk terus mengolahragakan sepeda untuk kesehatan jasmani dan rohani.

“Intinya bersepeda untuk berolahraga dan dari olahraga dapat menyehatkan jiwa raga,” tutur Aprisal.

Dia menyampaikan, ribuan masyarakat dari luar daerah yang mengikuti gowes HUT Solsel ini, pada malam harinya dilanjutakan dengan penyambutan tahun baru 2023.

Diperkirakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Solok Selatan di Padang Aro akan dibanjiri puluhan ribu orang saat menyambut tahun baru 2023. Persis samanya pada puncak HUT Solsel tahun lalu, dengan kehadiran masyarakat yang sangat luar biasa.

“Kita perkirakan RTH Solsel akan dibanjiri puluhan ribu orang nantinya,” bebernya. (adi)