Piala AFF 2022, Elkan Tak Bisa Tampil di Fase Grup

Tatap Piala AFF 2022 Timnas Indonesia genjot fisik

Jakarta, kopasnews.com – Elkan Baggott satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang berkarir di luar negeri bakal absen pada laga fase grup Piala AFF 2022.

Kompetisi AFF sendiri mulai bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023, sementara klub Elkan Gillingham FC masih membutuhkan jasanya pada pertandingan kompetisi domestik itu. Elkan Baggott sendiri baru bisa membela Timnas Senior, jika Indonesia lolok ke babak semi final dan final Piala AFF 2022. Tak dilepasnya pemain keturunan ini oleh klubnya, dikarena Piala AFF tidak masuk kalender FIFA.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam pada ajang AFF 2022.  Kamboja tim pertama yang akan dihadapi skuad garuda pada 23 Desember mendatang.  Setelah itu, anak asuh pelatih Shin Tae-yong ini bertandang ke markas Brunei Darussalam (26/12/2022), lalu menjamu Thailand (29/12/2022) dan away ke Filipina (2/1/2023).

Baca Juga : Perkuat Timnas, Jordi dan Sandy Disumpah WNI di Kemenkumham

Sementara Sandy Walsh dan Jordi Amat yang baru saja selesai proses naturalisasinya untuk berkebangsaan Warga Negara Indonesia (WNI) dan perpindahan Federasi, juga sudah bergabung dalam pemusatan latihan dengan Timnas Indonesia di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Bali, Kamis (1/12/2022).

Pemain kelahiran 21 Maret 1992 tersebut mengaku senang karena sudah bisa membela Timnas Indonesia.

“Saya sangat senang, akhirnya proses tersebut telah selesai. Saya bisa bermain untuk Timnas Indonesia, jadi saya sangat bergairah dan bahagia,” kata Jordi Amat di situs PSSI.

Meski baru satu hari bergabung di lapangan dengan rekan-rekannya, Jordi Amat langsung merasakan sesuatu yang sangat positif.

Mantan pemain Espanyol, Rayo Vallecano dan Real Betis itu menilai kekuatan Timnas Indonesia patut diperhitungkan.

“Saya berpikir sangat positif. Ini tim kuat, punya banyak opsi untuk menghadapi sebuah turnamen yang ketat. Kami bisa memenangkan (turnamen) itu. Kami punya pemain yang sangat kuat, juga dengan staf dan pelatih. Kita akan melakukan yang terbaik bersama-sama,” tambahnya.

Dengan mengandalkan kombinasi pemain muda dan berpengalam, Jordi Amat optimistis Timnas Indonesia bisa mendapatkan hasil terbaik.

Pada pekan pertama TC, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menugaskan pelatih fisik Shin Sang-gyu untuk memgembalikan level kebugaran para pemain. Mereka pun diforsir dengan berbagai latihan fisik, baik di pusat kebugaran maupun di lapangan.

Ini dilakukan supaya pemain dalam kondisi siap menghadapi pertandingan di Piala AFF 2022. Apalagi mayoritas pemain berasal dari klub Liga 1 yang sedang tidak berkompetisi dalam dua bulan terakhir karena Tragedi Kanjuruhan.

Berbagai menu latihan yang diberikan pun dilahap dengan baik oleh para pemain. Saddil Ramdani, pilar Sabah FC yang dipanggil dalam TC Timnas Indonesia kali ini merasakan betul manfaat dari latihan fisik yang diberikan tim pelatih.

“Kami merasakan latihan fisik selama beberapa hari terakhir. Sangat melelahkan, tapi sangat menyenangkan juga tentunya. Saya harap ini jadi modal kami untuk meningkatkan fisik,” kata pemain timnas lainnya Saddil Ramdani.

Baca Juga : Sempat Vakum, BNI Kejuaraan Nasional PBSI 2022 Kembali Digelar

Saddil merasa bersyukur karena kembali mendapatkan kesempatan memperkuat Tim Merah-Putih di Piala AFF 2022. Dia pun bertekad memanfaatkan TC di Bali untuk meningkatkan fisik serta kemampuannya supaya bisa berkontribusi untuk tim.

Alhamdulillah sangat senang, Saddil juga merasa bersyukur juga karena banyak belajar juga di sini dan kita juga di sini harus benar-benar bekerja keras. Harapan saya semoga ke depannya baik saya pribadi maupun teman-teman kami dapat meningkatkan kemampuan kami masing-masing,” tutur pesepakbola berusia 23 tahun tersebut.

Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Setelah digelar dengan format bubble di Singapura pada edisi sebelumnya, Piala AFF akan kembali digelar kandang-tandang mulai dari fase grup di tahun 2022 ini. (*)