Kurangi Beban Pendidikan, 580 Siswa SD dan SMP di SBH Terima Seragam Gratis

Penyerahan seragam gratis kepada siswa SD dan SMP di Kecamatan Sangir Batang Hari
Penyerahan seragam gratis kepada siswa SD dan SMP di Kecamatan Sangir Batang Hari

Solsel, kopasnews.com РSebanyak 580 orang siswa SD dan SMP di Kecamatan Sangir Batang Hari menerima seragam sekolah gratis dari Pemkab Solok Selatan. Merupakan Kecamatan terakhir penyaluran program seragam merah putih dan pramuka bagi siswa baru tahun ajaran baru 2022/2023.

Penyerahan seragam gratis tersebut dilaksanakan di SMP N 11 Solok Selatan di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari.

“Program Unggulan (Progul) bidang pendidikan ini, kita salurkan untuk menurunkan beban orang tua siswa dan sebagai motivasi anak untuk semangat dalam belajar dan menimba ilmu di sekolah,” kata Bupati Solok Selatan, Khairunas usai penyerahan seragam anak SD dan SMP, Rabu (16/11/2022) di Abai.

Pembagian seragam ini merupakan tempat kelima yang diserahkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan.

Bupati mengatakan pembagian seragam gratis ini merupakan wujud pemerintah daerah hadir di tengah masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan generasi berkualitas di Solok Selatan.

“Kita harus mempersiapkan anak masa depan Solok Selatan, tidak hanya bidang pendidikan namun juga bidang lain seperti kesehatan mereka juga harus kita perhatikan,” bebernya.

Dijelaskannya persiapan hari ini akan terbentuk dua puluh tahun mendatang, karena mereka diharapkan akan menjadi pemimpin Solok Selatan atau bahkan Sumatera Barat masa mendatang.

Baca Juga : Ini Jumlah Siswa SD-SMP di Sangir Balai Janggo Penerima Bantuan Seragam Gratis

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdikpora Solsel, Rina Andriani, menyebut pembagian seragam gratis untuk peserta didik baru siswa SD dan SMP diberikan kepada 4.727 orang. Seragam yang diberikan berupa 2 stel baju merah putih atau biru putih dan seragam pramuka.

Di tempat yang sama juga diserahkan bantuan Baznas Solok Selatan berupa konsumtif lansia program Solsel peduli sebesar Rp27,6 juta untuk 46 orang lansia, beasiswa pendidikan Rp72,4 juta rupiah untuk 59 orang, bantuan bedah rumah sebesar Rp30 juta,dan rehab rumah masing-masing 15 juta untuk dua orang.

“Juga bantuan modal usaha program Solok Selatan makmur Rp4,5 juta untuk 3 orang penerima,” ungkap Zulfajriadi Ketua Baznas Solok Selatan. (adi)