Rp4,38 Miliar Prioritas Infrastruktur Pelosok dan Berlanjut Tahun Depan

Rp4,38 Miliar Prioritas Infrastruktur Pelosok dan Berlanjut Tahun Depan

Bupati Solsel Khairunas cabangkan program satu excavator satu kecamatan kemarin di Simancung, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo
Bupati Solsel Khairunas cabangkan program satu excavator satu kecamatan kemarin di Simancung, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo

Solsel, kopasnews.com – Paket proyek fisik senilai Rp4,38 miliar dikuncurkan Pemkab Solok Selatan untuk kegiatan peningkatan ruas jalan di Jorong Simancuang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo.

Pembangunan insfrastruktur fisik ini termasuk paket lengkap di daerah pelosok Solok Selatan itudalam pembangunan di daerah pelosok tersebut, bahkan telah dipilih menjadi lokasi launching program unggulan daerah Satu Excavator Satu Kecamatan.

“Rp4,38 miliar ini kita kuncurkan dalam menjawab keluhan masyarakat Jorong Simancuang yang selama ini terkait infrastruktur fisik jalan. Sekarang telah kita prioritaskan dan berlanjut di tahun depan,” ujar Bupati Solok Selatan, Khairunas, Senin (7/11/2022) di Padang Aro.

Baca juga : Bangunan Liar Yang Menjorok ke Trotoar Jalan Nasional Ditertibkan

Dia merinci pendanaan fisik senilai Rp4,38 miliar tersebut Rp3,7 miliar untuk kegiatan peningkatan ruas jalan Sungai Kapur-Simancuang sepanjang 1,9 kilometer. Nilai tersebut akan direalisasikan sampai tahap pengaspalan.

Kemudian senilai Rp685 juta untuk peningkatan jalan Pasir Putih – Simancuang sepanjang 2,6 kilometer hingga tahap pengerasan jalan.

“Satu titik kita anggarkan hingga pengasapalan dan satu titik lagi baru tahap pengerasan,” jelas Bupati.

Bupati Khairunas mengatakan, bahwa tahun depan pembangunannya pun akan dilanjutkan dengan total rencana anggaran dana senilai Rp3,6 miliar.

Perinciannya, senilai Rp1,2 miliar untuk peningkatan Jalan Sungai Siriah – Simancuang dan Rp2,4 miliar untuk lanjutan peningkatan jalan Sungai Kapur – Simancuang.

“Selain akses fisik, pengentasan blindspot alias daerah tak bersinyal, juga terus dilakukan di daerah yang tersembunyi ini guna meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi,” bebernya.

Baca Juga : 3 Ekscavator Tiba, Dinilai Mampu Hemat Pengeluaran APBD Solsel

Tahun ini katanya, Pemkab Solok Selatan telah bekerja sama dengan Icon, anak usaha PT PLN (Persero) untuk mengadakan internet di SMPN 21 Solok Selatan.

“Saat ini kami terus berproses mengupayakan internet sampai ke rumah-rumah masyarakat dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kita , khususnya di Jorong Simancuang ini,” tandas Khairunas. (adi)

error: Content is protected !!