Polisi Kantongi Nama Pemilik Ratusan Balok Kayu Yang Diamankan di Jujutan

Polisi Kantongi Nama Pemilik Ratusan Balok Kayu Yang Diamankan di Jujutan

Jajaran Reskrim Polres Solsel melakukan pengecekan dugaan kayu illegal di Mako Polres Solsel
Jajaran Reskrim Polres Solsel melakukan pengecekan dugaan kayu illegal di Mako Polres Solsel

Solsel, kopasnews.com – Polisi sudah mengantongi identitas pemilik 176 Batang Kayu Balok diduga ilegal yang berhasil diamankan aparat kepolisian di Jorong Jujutan, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

Balok illegal tersebut diangkut menggunakan kendaraan Dumptruk, namun sopir tidak ditemukan pada saat penangkapan oleh tim operasi Ilegal Logging 2022 Polres Solok Selatan di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, minggu (25/09/2022) pukul 22.00 wib malam.

“Benar kita sudah mengamankan 176 kayu balok kayu di Jorong Jujutan yang diangkut menggunakan 4 dump truk. Ke empat sopir truk kabur sebelum polisi tiba dilokasi, namun polisi sudah mengantongi nama-nama pemilik kayu tersebut,” ungkap kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Adhi Sabhara melalui Kasat Reskrim AKP Dwi Poerwanto, Selasa (27/9/2022) di Golden Arm.

Baca Juga : 203 Kilogram Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi Berhasil Diamankan Polda Riau

Dijelaskannya, penemuan kayu tersebut berawal dari pelaksanaan kegiatan patroli yang dilakukan oleh personel Polres Solok Selatan pada saat patroli sesuai informasi yang diterima dari masyarakat.

Tim langsung bergerak ke lokasi Tempat Pembuang Sampah (TPA) akhir, disana ditemukan 4 unit kendaraan sedang terparkir dan setelah dilakukan pengecekan ternyata ditemukan kayu balok berbagai macam jenis dan ukuran.

“Tim tidak menemukan sopir truk, namun kendaraan ditinggalkan sebelum polisi datang lengkap dengan kuncinya. Bisa jadi mereka kabur kewat lahan perkebunan dan kehutan Jujutan. Saat ini kendaraan tersebut dan barang bukti kayu balok sudah dibawa ke Mako Polres,” terangnya.

Kasat Reskrim AKP Dwi Purwanto memperjelas, pada 4 unit kendaraan tersebut telah diamankan yang birisikan 176 batang kayu balok dengan berbagai macam jenis seperti Meranti, Timbalun, Pulai.

Kendaraan pertama diamankan tim sebanyak 45 batang kayu balok, kendaraan kedua 42 batang kayu balok, kendaraan ketiga 43 batang kayu balok dan kendaraan keempat sebanyak 46 batang kayu balok.

“Di empat truk tersebut kita menemukan empat jenis kayu, mulai Merantih, Pulai dan Timbalun. Kita juga akan berkoordasi dengan pihak Kehutanan, dan mengecek lokasi dugaan kayu illegal tersebut,” terangnya.

Baca Juga : Polres Solsel Ajak Personil Olahragakan Tubuh Untuk Kesehatan Fikiran

Dugaan tindak pidana mengangkut, menguasai atau memiliki hasil kayu yang tidak dilengkapi secara bersama surat keterangan sahnya hasil hutan tersebut saat ini masih dalam proses penyidikan.

“Masih dalam proses penyidikan oleh Unit Tipiter Sat Reskrim Polres Solok Selatan dan kita akan segera memanggil dugaan pemilik kayu tersebut,” paparnya. (adi)