Kopi Pak Datuak Juara 2 Champions Gernas BBI Sumbar 2022

Kopi Pak Datuak Juara 2 Champions Gernas BBI Sumbar 2022

IMG 20220916 WA00541663377394972

Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan penghargaan kepada pemilik Kopi Pak Datuak Attila Majidi dan pemenang Juara 2 Champions Gernas BBI Sumbar 2022. Ist

Padang, kopasnews.com – Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kopi Pak Datuak Solok Selatan meraih juara 2 Champion Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Sumatera Barat (Sumbar) 2022.

Champions Gernas ini didorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) termasuk perbankan seperti BNI, BRI, Bank Nagari dan BSI dalam mewujudkan digitalisasi UMKM secara nasional di Ranah Minang.

Bahkan OJK sudah mengkampanyekan sejauhmanna  platform e-commerce diterapkan pelaku UMKM selama April 2022 di Sumbar.

Jumlah onboarding, disertai pelatihan digitalisasi kepada UMKM dalam mencetak pelaku usaha juara serta dituntut mampu mencetak transaksi luar biasa dan terus mengalami kemajyan jelang era revolusi 5.0 nantinya.

“Semua penilaian itu sudah kita lewati. Alhamdulillah, produk UMKM kita Kopi Pak Datuak meraih juara 2 Champion Gernas BBI Sumbar 2022,” kata Pelaku UMKM Solok Selatan, Attila Majid Datuak Sibungsu, Jumat (16/9/2022) malam.

Baca Juga :¬†Wapres Ma’ruf Amin Luncurkan Gernas BBI Bangga Buatan Indonesia Sumatera Barat

Baca Juga :

Dia menjelaskan, Gernas BBI Sumatera Barat 2022 ini setelah diluncurkan di Kota Bukittinggi, kemudian dilanjutkan dengan pasar rakyat di Kota Payakumbuh, dan penutupan di Pantai Cimpago Kota Padang.

Bagi pemenang 5 besar penghargaannya langsung diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Salahudin Sandiaga Uno.

Attila mengku bersyukur karena pelaku UMKM sudah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah melalui pendampingan dari OJK Perbankan yang kemudian diberi pelatihan digitalisasi UMKM.

“Konsepnya onboarding ada digital markerting, shelling, pemasaran dan lainnya. Termasuk platform e-commerce yang menjadi penilaian OJK dalam Champion Gernas BBI Sumbar 2022,” terangnya.

Kopi Pak Datuak Juara 2 Champions Gernas BBI Sumbar 2022
Kopi Pak Datuak Juara 2 Champions Gernas BBI Sumbar 2022. Istimewa

Masuknya produk UMKM Kopi Pak Datuak 2 besar di Sumatera Barat, pada dasarnya untuk penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM di Sumbar.

UMKM Champion di dampingi perbankan sebutnya sejak April 2022 sebut Attila, menyeleksi 350 pelaku UMKM dan dikerucutkan menjadi 50 pelaku usaha.

Kemudian diseleksi lagi menjadi 10 besar untuk memilih 5 besar pelaku UMKM terbaik. Konten bagus, kemasan produk bagus, termasuk penjualan menguasai digital marketing dan e-commerce.

“Alhamdulillah produk kita masuk 2 besar seleksi dan penilai OJK, dasar penilaian lainnya promo gak sih di facebook, konten tiktok, instagram, dan lainnya,” jelas Alumni Pertanian IPB itu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan, Gerakan Nasional BBI ini salah satu upaya untuk memulihkan ekonomi Indonesia melalui membangkitkan peran UMKM.

“Ekonomi Sumbar didukung oleh 600 pelaku UMKM. Mari kita dukung dan majukan produk lokal daerah yang berdaya saing. Bangga akan produk buatan Indonesia sebagai hasil karya lokal daerah untuk pemulihan ekonomi nasional seperti diharapkan Pemerintah Pusat,” tutur Menparekraf Sandiaga.

Berikut 5 besar daftar nama pemenang Champions Gernas BBI Sumbar 2022 ;
1. Juara 1 diraih Raesya Restia Freszha (Chacha Sulaman Kotogadang)

2. Juara 2 Attila Majidi (Kopi Pak Datuak).

3.Juara 3 Annisah suci Prapansyah (Annisa Food).

4. Harapan 1 Tiara Amza Angelia (Amora Food).

5. Harapan 2 Erick Sandi Saputra (Happynad)

(adi)