Kualifikasi Piala Asia 2023 Di Kuwait Tanpa Egy dan Evan, 6 Nama Diceoret Shin Tae-yong

20220603 2151261654268020688
Timnas Indonesia siap berjuang untuk lolos Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. foto PSSI

Jakarta, kopasnews.com – PSSI telah merilis 23 pemain timnas yang akan dibawa Palatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan digelar 8-14 Juni 2022 di Kuwait.

Dari 29 pemain yang ikut bertanding menghadapi Bangladesh dalam FIFA Match Day Rabu (1/6) kemarin di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 6 orang diantaranya di coret oleh pelatih Korea Selatan itu.

Mulai dari Penjaga Gawang Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya), Rio Fahmi (Persija), Rizki Dwi Febrianto (Arema FC), Evan Dimas (Arema FC), Egy Maulana (SK Senica) dan Irfan Jauhari (Persis).

Ke enam pemain timnas ini dipastikan tidak akan dibawa saat laga Kualifikasi Piala Asia 2023 pekan depan di Kuwait. Sebab kondisinya dalam keadaan cidera saat menghadapi Bangladesh dalam pertandingan Internasional tersebut.

Indonesia Hajar Ghana 1-0, Berharap Bisa Kalahkan Meksiko Syarat Lolos Ke Semifinal

Persija Jakarta vs Sabah FC, Thomas Doll Untuk Melihat Pekembangan Pemain

Sementara Evan Dimas Darmono lebih dulu cedera ketika membela klubnya Arema FC, sedangkan Egy Maulana Fikri harus ditarik keluar lapangan disaat memperebutkan Perunggu SEA Games bulan lalu.

FB IMG 16542664792471654266544089
Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggot dan Mark Klok. PSSI

Indonesia yang tergabung dalam grup A, pada laga pertama skuad garuda akan menghadapi tuan rumah Kuwait, Rabu (8/6/2022), kemudian menghadapi Yordania (11/6) dan Nepal (14/6) dilaga terakhir.

Untuk lolos kualifikasi Piala Asia 2023 ini, Timnas Indonesia wajib memenangkan setiap laga tersebut atau masuk dalam runner-up terbaik.

“Bola itu bundar, pastinya kita akan bekerja maksimal melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal,” ucap Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

“Apalagi kita memang di pot 3, ada pot 1, 2, yang lebih bagus dari kita. Begitu tiba di Kuwait, akan mempersiapkan tim dengan benar-benar matang,” sambung pelatih asal Korea Selatan itu.  

20220603 2206121654268800813
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang debut Bangladesh. PSSI

Pelatih Bangladesh Javier Cabrera juga memprediksi Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Juru taktik asal Spanyol itu melihat secara kualitas Indonesia merupakan tim yang kuat.

“Secara kualitas, Indonesia adalah tim kuat. Saya kira mereka mempunyai peluang melaju ke Piala Asia 2023,” ujar Javier .

Menurut pria berkepala plontos itu, skuad Garuda tangguh lantaran memiliki sederet pemain muda berbakat. Dalam pandangan Javier, pemain Indonesia mempunyai kecepatan yang menyulitkan lawan mereka di lapangan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun minta semua pemain untuk berjuang lebih keras lagi. Sebab, tim ini memang dibebani untuk lolos ke Piala Asia.

“Dengan kerja keras dan doa seluruh rakyat Indonesia, saya optimistis kita bisa lolos ke putaran final Piala Asia,” ujar Iriawan.

Dari 24 tim yang bersaing di kualifikasi ini, hanya 11 yang lolos ke putaran final Piala Asia 2023, dengan rincian 6 juara grup dan 5 runner-up terbaik. Timnas sendiri dan tim pelatih sudah diterbangkan ke kuwait.

Berikut daftar 23 Pemain Timnas Indonesia :

Kiper:
Nadeo Argawinata (Bali United)
Syahrul Trisna (Persikabo)
Muhammad Adi Satrio (Persik)

Belakang:
Fachruddin Arianto (Madura United)
Elkan Baggott (Ipswich Town)
Rizki Ridho (Persebaya)
Alfeandra Dewangga (PSIS)
Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)
Koko Ari Araya (Persebaya)
Pratama Arhan (Tokyo Verdy)
Edo Febriansyah (Rans Nusantara)

Gelandang:
Stefano Lilipaly (Borneo FC)
Rachmat Irianto (Persib)
Ricky Kambuaya (Persib)
Mark Klok (Persib)
Syahrian Abimanyu (Persija)
Marselino Ferdinan (Persebaya)
Tarens Puhiri (Borneo FC)
Irfan Jaya (Bali United)
Witan Sulaeman (SK Senica)
Saddil Ramdhani (Sabah FC)

Striker:
Muhammad Rafli (Arema FC).
Dimas Drajad (Persikabo)

Coach: Shin Tae Yong (*)