Wapres Ma’ruf Amin Luncurkan Gernas BBI Bangga Buatan Indonesia Sumatera Barat

Wapres Ma'ruf Amin Luncurkan Gernas BBI Bangga Buatan Indonesia Sumatera Barat

20220916 2231311663342441486

Wapres Ma’ruf Amin, Menteri Pariwisata dan Ekraf Sandiaga Uno, Wako Bukittingi, Ketua OJK dan Gubernur Sumbar saat peuncurkan Gernas BBI Bangga Buatan Indonesia Sumatera Barat di Palataran Jam Gadang Bukittinggi. Ist

Bukittinggi, kopasnews.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, meluncurkan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Sumatera Barat di Kota Bukittinggi, Selasa (12/4/2022) di Pelataran Taman Jam Gadang.

Juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Gubernur Sumatera Barat dan lainnya.

“Gerakan Nasional BBI ini salah satu upaya untuk memulihkan ekonomi Indonesia melalui membangkitkan peran UMKM,” kata Wapres Ma’fuf Amin.

Dia menegaskan, tidak ada alasan untuk tidak bangga terhadap produk lokal daerah. Di contohkannya Jam Gadang di Bukittinggi, sebiah karya orang Koto Gadang dan menjadi salah satu bukti bahwa produk lokal bisa berbicara dan bersaing di tingkat dunia.

“Jadi Gerakan Nasional BBI ini pada dasarnya untuk penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kita orang Indonesia harus bangga menggunakan produk lokal kita,” terangnya.

“Sejak dulu Sumbar lebih dikenal sebagai sentra UMKM, 89 persen perekonomian Sumbar ditopang 600 ribuan unit UMKM. Maka jadikan produk UMKM lokal daeeah jadi tuan rumah di negeri sendiri, bukan jadi tamu di negeri sendiri,” pesan Wakil Presiden RI itu.

Dia menjelaskan, bahwa daya saing digital Sumatera Barat naik 3 peringkat dan sekarang menempati peringkat 9 di Indonesia. Berada di posisi nomor 2 di Pulau Sumatera sebagai daerah yang telah memperluas jaringan internet hingga ke pedesaan, termasuk menggerakan UMKM daerah.

“UMKM di Indonesia akan menjadi kekuatan di Asia Tenggara, bahkan dunia. UMKM bangkit, ekonomi pulih. Ayo, UMKM Sumbar Maju Basamo,” tutur Wapres berbahasa Minang.

Wapres Luncurkan Gernas BBI Bangga Buatan Indonesia Sumatera Barat
Wapres RI Luncurkan Gernas BBI Bangga Buatan Indonesia Sumatera Barat

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, melalui Gernas BBI, dia yakin program pemulihan ekonomi nasional dapat terwujud dengan melindungi, mempertahankan, serta meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha.

“Ini modal kita di daerah dan pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Wimboh Santoso, Gernas akan mampu menjadi ruang pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui UMKM.

“OJK juga sudah membentuk¬†e-commerce¬†sosial yang siap dikembangkan di daerah, sebagai panduan bagi pelaku usaha UMKM dalam memasarkan produk lokal daerah secara digital,” ulasnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan, Gernas BBI akan jadi angin segar bagi perekonomian Sumatra Barat, khususnya Bukittinggi yang mana masyarakatnya memang didominasi oleh para pelaku UMKM. (yan)