Fokus  

Zigo, Pemerintah Segera Benahi Infrastruktur di SBH

compressed 1649371338236

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan informasi seputar pembangunan di Sangir Batang Hari, Solsel

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dan Provinsi Sumatera Barat punya target penyelesaian masalah infrastruktur di Kecamatan Sangir Batang Hari.

Hal ini disampaikan Ketua Tim 3 Safari Ramadhan Solok Selatan, Zigo Rolanda bersama rombongan di Masjid Nurul Ulum Abai.

Dia menjelaskan, kedua ruas jalan Provinsi itu tahun ini sudah dialokasikan Rp3,92 miliar untuk ruas Lubuk Malako-Abai. Kemudian perbaikan jalan Abai-Sungai Dareh Rp5,92 miliar.

“Jadi tahun ini akan segera diperbaiki, keluhan bapak-bapak dan ibu-ibu selama ini akan diwujudkan,” jelas Zigo Rolanda, Kamis (8/4/2022) malam.

Dia menuturkan termasuk jembatan gantung Talantam, Lubuk Ulang Aling Selatan Rp3,3 miliar, dan badcover sungai geringiang di APBD Solsel tahun 2022.

“Pemkab juga tengah mempersiapkan jalan tembus, peluang ini didapat dengan dibukanya akses tol Rengat Pakan Baru-Sungai Rumbai dan Solsel siapkan pintu tol sebagai dampak positif untuk pertumbuhan sektor perekomian nantinya,” paparnya.

Ketua Tim 3 SR itu menjelaskan, bahwa pengelolaan Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama yang terletak di Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan pengelolaan diserahkan ke Provinsi, sebab Pemkab Solsel tidak mampu membiayai operasional rumah sakit.

“Yang penting rumah sakit memberikan pelayanan kesehatan dengan baik. Untuk operasionalnya, diserahkan ke Pemprov Sumbar,” bebernya.

Untuk jeminan kesehatan, Pemkab pun sudah menganggarkan 2.500 orang penambahan kuota BPJS kesehatan untuk masyarakat Solok Selatan.

Disisi lain sebut Zigo, pertumbuham ekonomi Solsel sempat minus tahun lalu, tapi ditahun 2022 meningkat 3,36 persen sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS).

“Nah di usia 18 tahun ini, Solsel dipercayai sebagai tuan rumah MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar di GOR Rimbo Tanga, Kecamatan Sangir tahun 2023. Dan ini perdana bagi Solsel sejak mekar,” jelasnya.

“Pemkab Solsel berpesan agar masyarakat Abai mendoakan Bupati-Wabup dan DPRD Solsel diberikan sehatan dan kekompakan untuk merealisasikan program pembangunan Solsel kedepan,” pintanya. (Adi)