Luar Biasa !!! 29 Nagari Terima Anugerah Desa Wisata

FB IMG 16506901738031650721439706

Bupati Pesisir Selatan menyerahkan sertifikat Anugersg Desa Wisata 2022. Istimewa

PAINAN, Kopasnews.com — Sebanyak 29 Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan menerima Anugerah Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

Penghargaan tersebut berbuah dari hasil pembinaan Desa Wisata yang disinergikan dengan stakeholder terkait.

“Kita berharap penggiat wisata di Kabupaten Pesisir Selatan lebih serius dalam mengembangkan potensi wisata di daerahnya masing-masing. Semua unsur desa harus terlibat di dalamnya. Mulai dari petinggi, kepala desa, perangkat desa, sampai struktural RT dan warga masyarakat setempat,” ungkap Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, (21/3/2022).

Dengan telah menerima piagam penghargaan anugerah desa wisata 2021 ini, selanjutnya nagari-nagari yang menjadi binaan Kemenparekraf ini bisa mewujudkan nagari ekonomi mandiri di sektor pariwisata melalui program-program atau ikon-ikon wisatanya.

“Gali lagi dan tingkatkan lagi potensi wisata kita,” harapnya.

Ke 29 Desa itu yakni Desa wisata inderapura selatan, desa wisata pulau rajo indrapura, Desa Wiata Inderapura timur, Desa Wisata Inderapura tengah, dan Desa Wisata Muaro Sakai.

Kemudian Desa wisata Kudo-kudo, Desa wisata Simpang lama, Desa wisata tlukamplu, desa Wisata Pasar lama muaro air haji, desa wisata baru Mgarai Nyiur malambai, Desa Wista Kambang, desa wisata Kambang utara, dan Desa wista Kampung pandan.

Desa wisata koto nan duo IV koto nan Hilia, desa wisata salido ketek, desa wisata salido, desa wisata painan timur, desa wisata Limau Purut, Desa wisata Lumpo, dan desa Wisata Painan Selatan.

Desa wisata Salido Sari Bulan, desa wisata Koto Barapak, desa wisata Aur Bagalung, desa Wisata Talaok, desa wisata Puluik-puluik, desa wisata Pulau karam, Desa wisata ampang pulai pantai muaro, Desa wisata sungai pinang, dan desa wisata sungai nyalo.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan Suhendri, mengatakan, pihaknya akan terus berupaya lebih maksimal lagi untuk mewujudkan nagari ekonomi mandiri di sektor pariwisata.

Penghargaan ini diberikan sebagai upaya dalam memacu Wali Nagari sebagai Desa Wisata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan diterimanya piagam penghargaan anugerah desa wisata oleh 29 nagari di Pessel, ini bisa menjadi pilot projects dan menjadikan nagari-nagari lain untuk turut serta di tahun 2022 mengelola wisata dengan baik,” terangnya. (DIA)