Atasi Kecamacetan, Pemprov Jambi Kaji Jalan Khusus Tambang Batu Bara

Dok.istimewa

Jambi, Kopasnews.com — Pemerintah Provinsi Jambi akan membangun infrastruktur jalan khusus untuk pengkutan batu bara, hal ini dalam mengatasi kemacetan yang terjadi di jalan umum.

Namun Pemrov akan mempelajari dan mengkaji ulang terkait calon investor yang akan membangun jalan khusus angkutan batu bara tersebut.

“Pemprov Jambi dengan tangan terbuka menerima para investor yang ingin berinvestasi, dan segera melakukan pengkajian ulang terhadap tawaran dari para investor terkait pembangunan jalan khusus batu bara,” ujar Sekretaris Daerah Pemprov Jambi, Sudirman, Kamis (13/1/2022).

Selama ini sebutnya, Pemerintah Provinsi Jambi mengalami hambatan dan tantangan dalam menyelesaikan pembangunan jalan khusus angkutan batu bara.

Justru itu, perlu dilakukan pengkajian ulang terhadap investor sehingga rencana pembangunan jalan ini dapat terlaksana dengan baik.

“Intinya jalan khusus angkutan batu bara ini, untuk mengatasi kemacatetan di jalan umum,” terangnya.

Direktur Operasi PT. Lancar Jaya Mandiri Abadi, Rizki memaparkan, pembangunan jalan khusus angkutan batu bara ini berlokasi di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari, dan Kabupaten Sarolangun.

Pemerintah Provinsi Jambi menyambut baik niatnya untuk berinvestasi di Provinsi Jambi, terkait pembangunan jalan angkutan khusus batu bara dan komoditas lainnya.

“Kita mengharapkan dengan adanya jalan khusus angkutan batu bara ini, truk truk batubara tidak menggunakan jalan umum lagi karena sudah memiliki jalan khusus,” paparnya.

“Kami optimis dapat membangun jalan khusus angkutan batubara di Provinsi Jambi dari Kabupaten Sorolangun menuju pelabuhan di Muaro Jambi dengan taksiran biaya Rp1,2 -Rp1,5 triliun,” ucapnya. (*)