Pimpinan Puskesmas LUA Kosong, Juga Kekurangan Dokter

Puskesmas Lubuk Ulang Aling (LUA) Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan, Sumatera Barat, selain kekurangan dokter. Juga belum ditunjuk Pimpinan Puskemas yang baru, setelah Wetra Fauza mendapatkan tugas baru sebagai Kasubag Umum di Dinas Kesehatan Solok Selatan.

“Secepatnya akan diisi kekosongan jabatan Pimpinan Puskesmas Lubuk Ulang Aling. Namun belum sepenuhnya Wetra Fauza melepas jabatannya di Puskemas tersebut, sebelum dilakukan serah terima jabatan dengan pimpinan yang baru nantinya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman, Jumat (17/12/2021) sore.

Kekosongan jabatan tersebut sudah terjadi sudah sebulan lebih dan secara otomatis bila Kepala Puskesmas kosong. Maka Kepala Tata Usaha (TU) yang menghendel kegiatan di puskesmas tersebut.

“Mudahan dalam waktu dekat ditunjuk Pemkab Solsel pimpinan Puskesmas yang baru,” harapnya.

Dia menjelaskan, Puskesmas yang terletak di daerah tertinggal yang berada di pengujung Solok Selatan itu, juga masih kekurangan dokter. Kekurangan dokter ini sudah disampaikan ke Pemkab Solok Selatan, semoga saja segera dapat terisi.

Walaupun masih kosong, namun berdasarkan pemantauan dinas. Pelayanan kesehatan masyarakat masih berjalan normal dan tidak ada kendala.

“Kondisi saat ini Puskesmas Lubuk Ulang Aling juga kekurangan dua dokter, yakni dokter umum dan dokter gigi. Kita juga sudah sampaikan ke Pemkab,” terangnya.

Sekretaris Daerah Solok Selatan, Syamsurizaldi menyebutkan, pihaknya baru mendapatkan laporan bahwa ada satu Puskemas pimpinannya kosong.

Pihaknya kemarin sudah mengintruksikan Dinas Kesehatan untuk pengisian jabatan Pimpinan Puskasmas di daerah tertinggal itu.

“Sebab tugas Kepala Puskesmas membantu Kepala Dinas dalam penyelenggaraan teknis pengelolaan kesehatan dan pencapaian tujuan pelaksanaan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Dan ini harus segera di isi,” paparnya.

Apalagi akan berada di pengujung tahun, Pimpinan Puskesmas harus ada dalam mengambil kebijakan atau pelaksanaan pengadministrasian.

“Jadi, dalam waktu dekat ini harus terisi. Apalagi Puskasmas Lubuk Ulang Aling berada di daerah sulit. Tidak boleh ada yang kosong jelang akhir tahun ini,” ujarnya saat ditemui usai vidio confren di kantor Bupati Solsel. (Adi)