Pilwana Serentak 2022 Menunggu Perda Disahkan

Pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak tahun 2022 di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menunggu Peraturan Daerah (Perda) tentang Wali Nagari, perangkat Nagari dan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari disahkan di DPRD Solsel.


“Perda tersebut sedang dalam proses pembahasan di DPRD Solok Selatan, mudahan saja segera rampung dan tidak ada kendala,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Solok Selatan, Zulkarnaini melalui Kepala Bidang Pemerintahan Nagari, Riri Tyson’s, Rabu (15/12/2021).

“Kita belum bisa memastikan bulan berapa di tahun 2022 Pilwana serentak di gelar. Yang jelas kita menunggu dulu Perda terkait Pilwana serentak di sahkan,” tuturnya.

Dia menjelaskan, ada dua opsi dalam pelaksanaan Pilwana serentak tahun depan. Pertama serentak untuk seluruh Wali Nagari yang masa jabatannya telah habis atau belum, di tujuh Kecamatan yang ada di Solok Selatan. Termasuk Nagari persiapan jika mendapatkan izin persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Kedua, khusus Wali Nagari yang masa jabatannya berakhir hingga tahun 2021, termasuk nagari persiapan apabila telah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri untuk ikut dalam pelaksnaan Pilwana serentak.


“Nagari defenitif kita sebanyak 39 Nagari di 7 Kecamatan di Solsel, sedangkan nagari persiapan atau nagari pemekaran ada sebanyak 8 nagari,” tuturnya.


Dari 39 Nagari defenitif tersebut lanjut Riri Tyson’s yang masa jabatan Wali Nagarinya berakhir di tahun 2022-2024 ada 9 Nagari.


Ke 9 Nagari tersebut yakni Nagari Koto Baru, Padang Air Dingin, Bidar Alam, Sungai Kunyit Barat, Ranah Pantai Cermin, Dusun Tangah, Pakan Rabaa Tengah, Pakan Timur dan Nagari Sitapus.


“Nah, karena Wali Nagari Sungai Kunyit Barat diberhentikan dengan alasan pidana. Kini dijabat Penjabat (Pj) Wali Nagari, bisa saja akan ikut proses Pilwana serentak tersebut,” paparnya. (Adi)