Presiden Pastikan Harga Bawang Untungkan Petani

Presiden Jokowi Menanam bawang merah bersama petani. Foto BPMI Sapres

Jakarta, Kopasnews.com — Presiden Joko Widodo meninjau lumbung pangan (food estate) dan melakukan penanaman bawang merah bersama para petani di Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Selasa, (14/12/2021).

“Kita berharap produktivitasnya makin baik, pendapatan (income) dari petani akan meningkat dan ini akan saya lihat setelah panen,” ujar Presiden Jokowi di lokasi penanaman.

Presiden memastikan bahwa para petani yang menanam bawang di lahan seluas 339 hektare tersebut betul-betul mendapatkan keuntungan. Para petani juga akan mendapatkan pendampingan dari Kementerian Pertanian.

“Kita nanti akan lihat per hektare mendapatkan berapa ton, kemudian ongkos diproduksinya berapa ?. Beruntung ggak petani,” paparnya.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya menyiapkan penyalur (offtaker) yang akan membeli sehingga kepastian harga dari bawang merah tersebut dapat terjamin.

“Paling penting harus disiapkan off taker yang membeli dari bawang merah yang telah kita tanam tadi, sehingga kepastian harga, kepastian yang membeli itu ada dan harga yang ada tidak dipermainkan oleh para tengkulak,”tuturnya.

Ibu Iriana ikut dalam penanaman bawang bersama Presiden tersebut, termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq. (*)