Ini Daftar 85 Titik Blankspot di 22 Nagari di Solsel

Menara Base Tranceiver Station (foto istimewa)

Padang Aro, Kopasnews.com– Dari 22 Nagari di enam Kecamatan di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Sumatera Barat, terdapat 85 titik blank spot (tidak ada sinyal) atau sinyal telekomunikasi lemah.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, bahwa pembangunan jaringan tower Base Tranceiver Station (BTS) untuk tahun 2021 dan tahun 2022 Pemerintah Pusat fokus pada wilayah Indonesia bagian timur.

“Jadi, 85 titik blank spot yang butuh pembangunan dan penguatan menara sinyal telekomunikasi di Solsel Kita sudah ajukan ke Kementerian Kominfo RI. Sayang, hingga tahun 2022 kita belum bisa mendapatkan jatah tower BTS,” ujar Kepala Dinas Kominfo Solok Selatan, Syamsurizal, Kamis (9/12/2021) di kantornya.

Berikut daftar 85 titik blank spot di 22 Nagari di Solok Selatan.
Dii Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) terdapat 14 titik blank spot, berada di tiga Kenagarian yakni Pakan Rabaa Timur, Pakan Rabaa, dan Pakan Rabaa Tengah.

Di Kecamatan Pauh Duo terdapat 8 titik berada di 3 Nagari, yaitu Pauh Duo, Luak Kapau Alam Pauh Duo dan Puah Duo Nanbatigo.

Dii Kecamatan Sangir Pusat Kabupaten Solsel masih ada 11 titikk, berada di 3 Nagari yakni Lubuk Gadang, Lubuk Gadang Timur dan Lubuk Gadang Selatan.

Di Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) terdapat 12 titik di 4 Nagari, yakni di Sungai Kunyit, Sungai Kunyit Barat, Talunan Maju dan Talao Sungai Kunyit.

Di Sangir Jujuan ada 11 titik di 4 nagari yaitu Padang Gantiang, Lubuk Malako, Bidar Alam, dan Padang Limau Sundai.

Dan di Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH) ada 19 titik, yakni di Nagari Sitapus, Dusun Tangah, Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Selatan dan Lubuk Ulang Aling Tengah.

“Sangir Batang Hari jumlah titik blank spot terbanyak di Solsel, mencapai 19 titik yang perlu penambahan pembangunan tower BTS dan penguatan sinyal,” terangnya. (Adi)