Puluhan Miliar Jatah Anggaran Jalan Provinsi di Solsel

Angggota DPRD Sumbar Mario Syahjohan

Padang, Kopasnews.com– Besaran dana APBD Provinsi Sumatera Barat yang akan realisasikan di tahun 2022 untuk jalan Provinsi di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) sebesar Rp21,5 miliar, sebagai akses penghubung antara dua Kecamatan di Solsel menuju Kabupaten Dharmasraya.

Akses ini akan mampu keningkatkan sektor perekonomian dua Kabupaten disamping meretas terisolasinya Kecamatan penghujung Solsel. Jarak Solsel menuju Dharmasraya dan Muaro Bungo Jambi akan semakin dekat.

“Sudah tersedia anggarannya di APBD Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 Rp21,5 miliar,” kata Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Mario Syahjohan, Senin  (6/12/2021).

Dua titik di Kecamatan Sangir Batang Hari yakni ruas Lubuk Malako-Abai Rp4 miliar, dan Abai-Sungai Daerah Kabupaten Dharmasraya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 6 miliar.

Kemudian di Kecamatan Sangir Balai Janggo  Rp11,5 miliar untuk ruas Simpang Log Sandi menuju Sungai Rumbai Dharmasraya.

“Anggaran Rp11,5 miliar tersebut merupakan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dana transfer provinsi ke daerah,” sebut Anggota Komisi IV DPRD Sumbar bidang instruktur itu.

Sedangkan ruas Lubuk Malako – Abai Rp4 miliar sebagai bentuk desakan masyarakat dan Wakil Rakyat di DPRD Solsel politisi PKB Daliyus ke Komisi IV DPRD Sumbar.

Anggota dewan Kabupaten yang sangat inten komunikasinya dan berharap adanya perbaikan jalan Provinsi yang sudah mengalami kerusakan di Abai. Bahkan Komisi IV DPRD Sumbar dan Pemprov sudah meninjau kondisi jalan tersebut.

“Rp6 miliar ruas Abai-Sungai Dareh sebagai bentuk memperpendek akses Solsel-Darmasraya,” ujar Politisi Gerindra itu.

“Mudahan saja tidak ada kendala dalam proses tender dan pelaksanaan pembangunan dilapangan. Kita juga berharap partisipasi semua insur terlibat langsung dalam pengawasan pembangunannya di tahun 2022,” pinta Mario. (Adi)