Goa Batu Kapal Raih Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia

Pemenang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 di umumkan, Goa Batu Kapal (GBK) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, meraih juara II kategori Surga Tersembunyi.

Penghargaan di bidang Pariwisata itu diterima oleh Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi pada malam puncak di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (30/11/2022) malam.

Destinasi wisata alam Goa Batu Kapal ini populer, terkenal dengan pesona keindahan natural stalagtit dan stalagmit ukiran mahakarya alam disepanjang lorong Goa.


Terletak ditengah-tengah perkebunan kelapa sawit (plasma) masyarakat di Jorong Ngalau Indah, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan.

Goa batu karang tersebut memiliki kedalaman 26 meter, menjulang dengan ketinggian 86 meter. Kondisi tubuhnya persis sama menyerupai sebuah kapal yang terdampar di daratan, sehingga di namai Goa Batu Kapal oleh Pemerintah Kecamatan setempat.

Goa tersebut berjarak 45 KM dari Padang Aro, Pusat Kabupaten Solok Selatan. Sekitar 194 KM dari Kota Padang, butuh waktu sekitar 5,5 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat. Populer di tahun 2017 lalu.


Keindahan alam disana akan memadukan sensasi Goa yang eksotis dengan lukisan mahakarya alam. Beragam warna dan coraknya.

Sebagai bentuk keindahan yang tersembunyi, masih natural, unik dan mempesona. Tidak dimiliki oleh daerah lainnya di Sumbar.

“Tadi malam Pak Wabup terima penghargaan Anugerah API 2021, ini perlu kami syukuri,” kata Camat Sangir Balai Janggo, Muslim yang juga pemerhati Goa Batu Kapal. (Adi)