Wirausaha Kecil Menangah Dibekali Teknik Pengembangan Usaha dan Pemasaran Produk


Padang Aro, Kopasnews.com– Puluhan wirausaha kecil dan menengah di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, dibekali pengetahuan pengembangan produktifitas usaha, dan teknik pemasarannya.

“Bagaimana usaha rumahan mampu berkembang dengan baik, setidaknya untuk diri sendiri. Jika belum bisa menyerap tenaga kerja dari ilmu wirausaha yang didapatkan hari ini,” ujar Ketua TP-PKK Solok Selatan, Erniati Khairunas, Rabu (24/11/2021).

Setelah dilatih, ditekankan kepada wirausaha baru jangan membawa tidur ilmu yang didapatkan. Akan tetapi dikembangkan sehingga membawa usaha dampak peningkatan terhadap usaha yang sedang ditekuni. 

“Rubah menset dan tingkatkan produktivitas dengan mempraktekan ilmu yang diterima selama lima hari pembelalan di Dinas Tenaga Kerja,” pesannya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Basrial menjelaskan, dari 20 peserta dari berbagai latar belakang usaha yang dilatih, nantinya usaha yang sedang dijalani mampu berkembang dengan baik dan lebih diminati konsumen.

Secara praktek, bagaimana cara berdagang dengan baik, berjualan, mengkemas kemasan menu usaha, dan pemasaran produk rumahan.

“Usaha kecil dan menengah yang kita latih, sudah punya dasar usaha dan tinggal pengembangan dan pemantapan usaha dalam menarik konsumen,” ulasnya.

Sebab pelatihan ini lebih terfokus dalam peningkatan usaha yang ditekuni masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah.

Selama pelatihan, tiga hari dibekali teori dari mentor dan dua hari praktek kerja usaha.

“Teknik pembuatan usaha menarik, bersih, dan bisa bersaing. Termasuk teknik pemasaran secara manual dan elektronik,” tuturnya.

Sementara Kasi Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja, Ira Rahayu Solika menambahkan, pelatihan tentang pemasaran, praktek prakteknya guna memotivasi dan promosi produk tentang kewirausahaan.

“Saat ini baru usaha kecil-kecilan, untuk pengembangan usahannya kepada lebih baik,” bebernya.

Intinya produk bisa laku dan menarik pembeli atau konsumen. Narasumber dari Dinas Tenaga Kerja Sumbar Jamaris dan instruktur Tata Boga Ulfi Aviva.

“Akomodasi, transportasi dan sertifikat diterima peserta selama pelatihan yang dimulai Kamis besok hingga Senin,” jelasnya. (Adi)