Usai Debut Afghanistan, Egy dan Elkan Tinggalkan Pemusatan Latihan di Turki


Jakarta, Kopasnews.com — Dua pemain Timnas Indonesia yang tampil di kompetisi Eropa, Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri, meninggalkan pemusatan latihan Timnas Indonesia di Antalya, Turki, Rabu (17/11).

Egy kembali ke Slovakia untuk membela FK Senica dalam kompetisi Fortuna Liga 2021/2022, sedangkan Baggot kembali ke Inggris untuk membela Ipswich Town dalam kompetisi kasta ketiga negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Kepergian kedua pemain dari Timnas Indonesia diungkapkan asisten pelatih Nova Arianto. Keduanya meninggalkan hotel tempat tim menginap pada Rabu (17/11) pagi dan langsung terbang ke tujuan masing-masing.

“Kondisinya [Elkan Baggott] baik-baik saja. Elkan [sudah] kembali tadi pagi dan akan bergabung nanti di Singapura [Piala AFF 2020]. Egy Maulana juga sudah pulang,” kata Nova kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (16/11).

Baggott yang baru menjalani debut bersama Timnas Indonesia dipastikan Nova tidak mengalami cedera serius setelah bertabrakan dengan pemain Afghanistan, Selasa (16/11). Tidak ada diagnosis cedera dari tim dokter timnas.

Pemain Ipswich Town tersebut tersungkur dan tak bisa melanjutkan pertandingan pada menit ke-74. Baggott memegangi kepala seusai melakukan duel udara dalam situasi tendangan pojok di pertahanan Afghanistan.

Sebelum itu, kepala Elkan tertabrak paha kapten Afghanistan Farshad Noor saat melakukan sapuan pada menit ke-68. Setelah mendapat perawatan dari dua tim medis Timnas Indonesia, Elkan dinyatakan masih bisa tampil.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri juga mengatakan Baggott tak mengalami cedera serius. Pemain 19 tahun setinggi 196 sentimeter ini disebut dalam kondisi baik. Sakit di bagian kepala karena benturan tak bermasalah.

“Sehat saja [Elkan Baggott]. Enggak masalah [terkait benturan di kepala yang membuatnya ditarik keluar saat lawan Afghanistan],” ucap Indra melalui pesan tertulis pada Rabu (17/11).

Dengan kata lain Egy dan Baggott tak bisa melanjutkan pemusatan latihan Timnas Indonesia dan mengikuti laga uji coba melawan Myanmar (25/11) dan Antalyaspor (28/11) karena agenda ini di luar kalender FIFA.

Baggott baru akan bergabung kembali dengan skuad Timnas Indonesia saat berada di Singapura ketika menjalani agenda Piala AFF. Baggott sudah mendapat izin dari klub untuk membela Garuda Merah Putih meski agenda Piala AFF 2020 tak masuk kalender FIFA.

Sedangkan Egy baru akan dilepas Senica jika Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal dan jika dibutuhkan Shin Tae Yong. Senica sudah menyatakan tak akan melepas Egy untuk babak grup Piala AFF di Singapura yang akan dimulai 5 Desember. (abd/nva)
Sumber: CNN Indonesia