Sah, APBD Solsel 2022 Rp931 Miliar

Golden Arm, Kopasnews.com– Sah, APBD Kabupaten Solok Selatan tahun anggaran 2022 disepakati Rp931.903.844.963 sesuai target 15 November 2021 melalui paripurna di Gedung DPRD Solsel di Golden Arm.

Penetapan APBD tersebut berdasarkan hasil pembahasan Komisi dan mitra kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dilanjutkan dengan pembahasan badan anggaran dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan badan musyawarah DPRD. 

“Alhamdulillah, APBD Solsel ditetapkan sebesar Rp.931.903.844.963, sesuai target yang kita sepakati bersama DPRD Solsel,” kata Bupati Solok Selatan Khairunas, Senin (15/11/2021) di Golden Arm.

Dia menyebutkan, dari jumlah tersebut terdapat peningkatan anggaran sebesar Rp12.270.335.190,  atau sekitar 1,31persen dari perubahan APBD tahun anggaran 2021 senilai Rp919.633.509.773. 

Peningkatan ini sebut Bupati, disebabkan karena pada Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD tahun 2022 ini tentang peningkatan belanja mandatory seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Belanja Operasional Sekolah (BOS).

Termasuk belanja yang harus dianggarkan kembali pada tahun berikutnya, seperti luncuran Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana alam tahun nggaran tahun 2021.

“Juga ada sisa DAK fisik Pembangun Poliklinik rumah sakit serta penambahan belanja program kegiatan prioritas,” terangnya. 

Dia menyebutkan, sumber pendanaannya dari penambahan pendapatan transfer DAK dan menambah pendapatan asli daerah serta Silpa tahun anggaran berkenaan. 

Bupati berharap dalam pengambilan keputusan Rancangan APBD yang disusun ini, telah sesuai dengan prinsip-prinsip skala prioritas, prinsip efektifitas, efisiensi, ekonomis dapat dipertanggung jawabkan.

Juga berorientasi serta mempertimbangkan azaz manfaat, azaz kepatutan, dan kewajaran yang dapat dipahami dan diterima masyarakat. 

“Pada prinsisipnya sesuai dengan skala prioritas,” terangnya.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan, pada intinya kesepakatan pada paripurna ini agar dapat sesegera mungkin ditetapkan, sehingga pelaksanaan program yang telah direncanakan dapat segera terealisasi dan di dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Solok Selatan.

“Percepatan penetapan APBD Solsel ini dalam rangka pencapaian visi Bupati dan Wabup Solsel ‘Maju Bersama Sejahtera Untuk Semua,” paparnya.

Paripurna APBD 2022 dihadiri Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD beserta wakil dan anggota fraksi DPRD, Jajaran Forkopimda, dan Pejabat Diruang Lingkup Pemkab Solok Selatan. (Adi)