Jamur Sawit Talao Jadi Studi Komparatif

Solsel, Kopasnews.com – Tim penggerak PKK Kecamatan Sangir melakukan studi komperatif ke Nagari Talao Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan.

Studi tiru dilakukan untuk melihat dan menyaksikan proses pembuatan Jamur Sawit Talao yang sudah vital di masyarakat, sehingga menjadi daya tarik PKK Kecamatan Pusat Kabupaten Solsel untuk turun langsung kelapangan.

“Kami penasaran dengan inovasi dilakukan UP2K Nagari Talao Sungai Kunyit, terkait proses pembuatan jamur sawit dari tandan kosong (tankos) sawit yang jarang dilakukan para pengrajin lainnya. Dan ini beda,” kata Ketua TP-PKK Kecamatan Sangir, Ny.Yus Salmi Abul Abas, Kamis (11/11/2021).

Sebab, jamur sawit itu sudah dikemas menjadi makanan kudapan khas Nagari Talao. Kini tidak hanya diminati masyarakat Sumbar saja, akan tetapi juga dari luar Sumbar. Justru itu pihaknya dan rombongan melakukan studi ke Talao.

Baik produk jamur krispi, sup jamur, dan lainnya. Rasanya beda dengan produk lainnya dan renyah dimulut. 

“Nanti kita siapkan galeri makanan ringan, jadi khas Kecamatan Sangir seperti keripik pisang roti, dodol durian, lele asap dan kopi arabika, kita kabolarasikan dengan jamur sawit Talao ini,” jelasnya yang membawa 25 rombongan PKK Kecamatan Sangir.

Pj Wali Nagari Talao, Purwanto menyebutkan, peminat jamur sawit Talao sudah banyak diminati masyarakat Sumbar dan Jambi.

“Selain kunjungan Camat dan TP PKK Kecamatan Sangir ke daerah kami ini untuk studi komparatif pengembangan jamur sawit Talao, pihak Pemko Sungai Penuh Jambi juga tertarik akan datang ke Nagari kami ini,” tuturnya.

Spesifikasi khas daerah ini sebutnya, sebagai bentuk menciptakan produk one village one produk. Bagaimana produk makanan ringan yang diciptakan dari tangkos, berbeda dengan produk daerah lain di Solsel maupun di Sumatera Barat.

“Gagasan ini saya buat, ketika melihat ada jamur yang tumbuh ditangkos diperkebunan kelapa sawit. Disitu ide pembuatan jamur krispi, hingga kita kembangkan dan buming. Soal rasa, pasti pengunjung dan penikmatlah yang lebih tahu,” paparnya didampingi Ketua TP-PKK Nagari Talao Ny.Rona Lolita Purwanto.

Studi komperatif tersebut juga dihadiri oleh Camat Sangir Abul Abas, Camat Sangir Balai Janggo Muslim dan rombongan PKK. (Adi)

TP PKK Kecamatan sangir studi komperatif ke Talao