Ini Sosok Pahlawan Lingkungan di Hari Pahlawan

Pekonina, Kopasnews.com – Kejaksanaan Negeri (Kejari) Solok Selatan melakukan penanaman beragam jenis pohon pelindung yang bernilai ekonomis. 

Selain untuk menciptakan suasana lingkungan yang arsi, juga bermamfaat untuk jangka waktu yang cukup lama. Penanaman beragam jenis pohon itu dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2021.

“Untuk lingkungan beliau sangat peduli, selalu menjaga dan membina lingkungan disetiap saat. Kajari Solsel pantas kita sebut pahlawan lingkungan, sosok yang sangat peduli,” kata Pihak PT Sumpreme Energy Muarolabuh, Bujang Joan Datuak Meninjun, Rabu (10/11/2021) usai penanaman pohon.

Ungkapan yang sama juga dilontarkan oleh Ketua Orari Solok Selatan, Herman Zebua, Kajari Solsel pantas menyandang predikat pahlawan lingkungan.

Kepala Kejaksanaan Negeri Solok Selatan, M.Bardan mengatakan, dengan melakukan penanaman pohon dalam bentuk melestarikan alam, artinya penegak hukum dan masyarakat sudah selamatkan lingkungan dengan baik.

Apalagi di hari pahlawan, tidak sekedar mengingat perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah. Nah, sekarang bagaimana semua unsur di masyarakat harus jadi pahlwan. Terutama berjuang menyelamatkan lingkungan masyarakat dari dampak bencana alam, baik banjir maupun longsor. 

“Dengan menanam pohon, kita telah berupaya menyelamatkan lingkungan. Lingkungan yang sudah di merdekakan oleh para pejuang dan kita sebagai generasi harus terus berjuang untuk anak cucu di masa akan datang,” tutur Kajari.

Dengan kebersamaan melakukan perawatan lingkungan, artinya sudah menghargai dan menjaga nilai-nilai perjuangan pahlawan. Rasa persatuan dan kesatuan bangsa akan saling menguatkan.

Pohon bernilai ekonomis yang ditanam bersama Kapolres, Pemkab Solsel, tokoh masyarakat, PT Supreme Energy, Orari, dan masyarakat. Jenis Kacang Makademia yang dikenal dengan kacang termahal di dunia, pohon ketaping, pohon afrika, teh, manggis, Asoka, melati, pohon jambu, jambu biji, durian, dan lainnya.

Selain itu, juga melakukan pembinaan terhadap UMKM Bio Enzyme serba guna yang dikembangkan Bustanul Deno yang mamfaatnya multifungsi. (Adi)

Kajari Solsel jaga lingkungan saat peringatan hari pahlawan 10 November 2021