Ortu Santri Bustanul Huda Dapat Hidayah



Padang Aro, Kopasnews.com — Pendiri Pondok Pesantren Bustanul Huda Malus, Hasan Basri menyebutkan, ada sejumlah orang tua santri di Pondoknya yang mendapatkan hidayah.

Mereka mengaku beruntung menyerahkan anak-anaknya untuk dididik dan ditempa ilmu agama di Ponpes yang terletak di Jorong Malus, Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Solok Selatan, Sumatera Barat..

“Ada beberapa orang wali murid dari santri kami yang datang ke Ponpes, mereka sangat bersyukur sekali memondokkan anaknya di Bustanul Huda ini,” kata Hasan Basri, Kamis (4/11/2021) usai pelaksanaan Haul Ponpes Bustanul ke 27, sekaligus peresmian sarana MCK dan wisuda puluhan hafiz alquran.

“Kami sering melihat anak kami yang rajin sholat lima waktu, sholat sunat dan mengaji saat pulang ke rumah. Disitu hati kami tersentuh untuk melaksanakan kewajiban sholat lima waktu yang sebelumnya kami tinggalkan,” begitu pengakuan beberapa orang tua santri ke kami sebut Hasan Basri dihadapan Kemenag Sumbar dan Bupati Solsel.

Pimpinan Ponpes Bustanul Huda Malus, Syarkawi Aziz memaparkan, ada sebanyak 33 orang santrinya penghafal alquran yang diwisuda hari ini, khusus yang hafal 7 jus hingga 1 juz alquran. Kedepannya akan ditingkatkan lagi dalam mewujudkan Solok Selatan kampung hafiz alquran.

“Peminat Ponpes kita setiap tahunnya meningkat. Tidak hanya dari Solsel saja, akan tetapi juga banyak dari luar daerah seperti Kabupaten Solok dan Dharmasraya,” tuturnya.

Bupati Solsel Khairunas didampingi Kanwil Kemenag Sumbar syamsuri menyerahkan sertifikat hafiz 7 juz alquran

Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Syamsuir mengharapkan, kedepan dalam 10 bulan bisa hafal 10 juz, ketika mereka menimba ilmu 4 tahun di Ponpes ini. Setidaknya sudah hafal 30 juz.

“Ini harapkan kita. Hingga hari ini Ponpes Bustanul Huda masih melahirkan pendakwah dan hafiz alquran ditengah-tengah masyarakat,” terangnya.

Sementara, Bupati Solok Selatan Khairunas mengungkapkan, Ponpes harus mempersiapkan generasi dibidang keagamaan dengan matang, dan bagaimana Ponpes Bustanul Huda ini bisa bersaing dengan ponpes di luar daerah nantinya.

“Kita akan bergandengan tangan dengan Kemenag, bagaimana mewujudkan generasi insan alquran di Solsel. Sesuai visi misi kami penyediaan rumah hafiz disetiap jorong yang ada di Solsel,” jelasnya. (Adi)

Arakan Masyarakat Malus sambut tamu saat Haul Ponpes Bustanul Huda Malus le 27 dengan Bunga Uang