Tergetkan 100 Ribu Peserta Gebyar Sumbar Sadar Vaksin


Kabupaten Solok Selatan sebagai salah satu daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang menerapkan program Sumbar Sadar Vaksin dengan target 100 ribu orang peserta.

Sekretaris Daerah Solok Selatan Syamsurizaldi menjelaskan, saat ini Pemkan tengah mempersiapkan segala hal yang terkait dengan vaksinasi ini, dimulai dari mengarahkan massa peserta vaksin di titik – titik strategis ditentukan.

“Kita tengah menyiapkan strategi – strategi demi kelancaran pelaksanaan Sumbar Sadar Vaksin di Solsel,” Sekdakab Solsel Syamsurizaldi, Selasa (26/10/2021).

Diharapkannya kegiatan Sumbar Sadar Vaksin ini akan dapat meningkatkan dan mencapai target vaksin yang ditetapkan pemerintah pusat kepada Kabupaten dan Kota khusunya di Sumbar.

Disebutkannya lagi, tim dari semua unsur akan dikerahkan dalam kegiatan ini sekaligus lokasi vaksin sekolah – sekolah, Pasar, Pusat Kesehatan dan kantor Pemerintahan yang dijadikan titik untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Titik-titik ini yang menjadi target kita kedepan,” terangnya.

Maka dari itu kegiatan yang akan melibatkan banyak masa ini diharapkan kesiapan pihak terkait, serta sinergi pemerintah daerah dengan forkopimda.

Termasuk seluruh stakeholder yang ada dan tim vaksinator di wilayah Kabupaten Solok Selatan.

“Gebyar Sumbar sadar vaksin akan digekar 30 Oktober bulan ini di Solsel,” terangnya.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, capaian vaksinasi di Solsel pertanggal 25 Oktober 2021 sebesar 42,2 persen, pencapaian dosis 1 sebanyak 53.834 orang (37,4 persen), sedangkan pencapaian dosis 2 sebanyak 23.702 orang (16,5 persen)

“Rapat persiapan sudah kita lakukan bersama Kapolres Solsel, Kajari, Kemenag, OPD, dan Camat se Solsel,” bebernya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 10 Oktober 2021, dari total 4.408.509 sasaran vaksinasi di Sumatera Barat, disuntik dosis pertama baru 1.114.877 orang atau 25.29 persen dan 568.327 orang atau 12.89 persen yang sudah mendapatkan dosis lengkap. (Dit)