Elkhan Menolak, Mantan Bek Timnas Spanyol Siap Bela Timnas Indonesia

Mantan bek Tim Nasional (Timnas) Spanyol U-21, Jordi Amat, dapat dijadikan andalan Timnas Indonesia saat turun di Piala AFF 2020. Bek 29 tahun yang kini mentas di kasta teratas Liga Belgia bersama KAS Eupen, mengaku tertarik membela Timnas Indonesia.

Keinginan itu muncul karena Jordi Amat memiliki darah Indonesia. Ia memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Nenek saya dilahirkan di Makassar, Sulawesi dan merupakan sosok penting yang mendukung saya dalam karier sepakbola selama ini,” kata Jordi Amat mengutip dari Goal Indonesia, Minggu (24/10/2021).

“Ibu dari nenek saya berasal dari Siau, dan ayahnya, yang tak lain moyang saya, adalah M.D. Kansil berasal dari Banda Neira, Maluku,” lanjut mantan bek Espanyol, Rayo Vallecano hingga Swansea City tersebut.

“Tentunya saya bersedia dan akan menerima tanggung jawab tersebut sepenuh jiwa saya, sekiranya dipilih untuk memperkuat pasukan Garuda untuk kejuaraan tersebut (Piala AFF),” tegas Jordi Amat.

Pernyataan Jordi Amat bak angin segar bagi Timnas Indonesia. Sebab, baru-baru ini Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, bek Ipswich Town U-23 keturunan Inggris, Elkan Baggott, menolak dipanggil Timnas Indonesia.

Setelah gagal membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021 yang dibatalkan karena pandemi Covid-19, Elkan Baggott tak lagi tertarik membela skuad Garuda. Salah satu momen Elkan Baggott menolak pemanggilan saat Timnas Indonesia hendak turun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia medio Juni 2021.

(Elkan Baggott tolak bela Timnas Indonesia)

Ketiadaan Elkan Baggott dapat digantikan Jordi Amat. Bahkan bisa dibilang pengalaman dan kematangan, Jordi Amat jauh lebih mentereng ketimbang Elkan Baggott.

Bagi yang belum tahu, Jordi Amat kenyang pengalaman membela tim kelompok umur Spanyol. Ia pernah membawa Timnas Spanyol U-17 finis ketiga di Piala Dunia U-17 2009.

Kemudian, Jordi Amat juga pernah ditangani Luis Milla di Timnas Spanyol U-21 dan mencatatkan 15 caps. Di level klub, Jordi Amat pernah berseragam, Espanyol, Rayo Vallecano, Real Betis, Swansea City dan kini membela KAS Euspen.

Penampilan terbanyak Jordi Amat dicatatkan bersama Swansea City dengan 72 penampilan. Jadi bagaimana PSSI dan Shin Tae-yong, siap andalkan Jordi Amat di Piala AFF 2020? (Sumber Okezon.com)