Solok Selatan Komit Jadi Iklim Investasi Terdepan di Sumbar

Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, kaya akan potensi daerah, baik di sektor pembangkit listri panas bumi, PLTMH, perkebunan, pariwisata, tambang, dan sektor lainnya.

Dengan melimpahnya Sumber Daya Alam (SDA) itu, diharapkan Kabupaten Solok Selatan mampu menjadi wajah terdepan dan percontohan terkait iklim investasi, khususnya di Sumatera Barat.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, saat silaturahmi dengan Perantau Minang di Jakarta, Kamis (21/10/2021).
 Zigo mengatakan, sebagai legislator, dia berkomitmen untuk mendorong program Bupati dalam mewujudkan Solok Selatan yang ramah investasi, sehingga tampil sebagai wajah terdepan investasi nantinya.

“Investasi yang baik, nantinya akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat dengan sendirinya dampak meningkatnya perekonomian akan terbuka,” papar Zigo.

Dia juga mendorong investasi padat karya, yang membuka banyak peluang tenaga kerja. Dan hal ini menurutnya tepat dikembangkan karena di Solok Selatan dan juga Sumbar sendiri, bukanlah daerah yang berbasis industri.
Dijelaskannya, komitmen menjadikan Solsel sebagai pilot project energi terbarukan atau panas bumi di Sumatera. Harus terus didorong agar investasi panas bumi tahap kedua bisa jalan dengan lancar.

“Energi panas bumi tahap pertama sudah dihasilkan sebesar 80 MW dan sudah beroperasi. Tahap kedua, nanti mudah-mudahan lebih baik lagi,” tuturnya.

Investasi tahap kedua ini diestimasi sebesar Rp 5 triliun, maka diperkirakan 10 persen atau Rp 500 miliar uang akan beredar di Solok Selatan, dan ini jumlah yang besar untuk menggairahkan perekonomian daerah.

“Kita mengajak Bapak dan Ibu para perantau untuk berinvestasi di Solok Selatan. Dan kita siap untuk mendukungnya,” ujar Zigo. (Adi)