Tugas Berat Menanti Yulkisra Setelah Terpilih Sebagai PCNU Solsel


Konfrensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Solok Selatan perdana berjalan dengan aman dan lancar. Syafra Haradi, S.Ag.MM terpilih sebagai Rais Syuriah dan Yulkisra, S.Ag sebagai Ketua Tanfiziah.

Sekretaris PWNU Sumatera Barat, Sulaiman Tanjung menegaskan, kehadiran PCNU Kabupaten Solok Selatan diharapkan mampu berperan aktif dalam mencegah permasalahan agama di daerah, apalagi munculnya aliran kepercayaan baru Pelindung Kehidupan yang mengaku aliran Islam.

“Pencegahan paham agama yang melenceng dari ajaran Islam, ini tugas PC NU Solsel terpilih. Termasuk pembinaan keagamaan kepada masyarakat Islam di Solsel,” terang Sulaiman Tanjung saat membuka dan menutup Konfrensi Cabang (Konfercab) NU Solsel, Rabu (20/10/2021) di Aula Kantor Bupati Solsel.

Dia berpesan, NU harus menjadi penjaga, pengawal, dan menjadi pilar bangsa dari berbagai ancaman masuknya paham radikal di daerah. Termasuk aliran yang melenceng.

Dengan merangkul ormas Islam lainnya seperti Muhammadiyah, MUI Kabupaten, dan bergandeng tangan dengan Pemerintah Daerah.

“Sebab dengan kebersamaan kita dapat meminimalisir permasalahan yang berkaitan dengan agama,” bebernya.

Sulaiman mengatakan, pembinaan pengurus PCNU lebih baik akan mampu memperjuangkan kemaslahatan dan kesejahteraan umat dengan melestarikan ajaran islam yang benar.

“NU harus jadi penyejuk umat, damai, berkatakter dan berakidah. Berperan dalam mewujudkan visi misi kepala daerah yang berkaitan dengan pendidikan keagamaan,” jelasnya

Rais Syuriah PWNU Provinsi Sumbar, Buya Fahmi Riza mengatakan, jika sayang kepada agama Allah SWT, kita harus dekat aturan Allah dan sunah rasul.

Dia mengaku NU sering disudutkan di media sosial yang diduga dilakukan oleh kelompok radikal dan paham lainnya seperti sholat cepat, sholat menari dan lainnya. Menyudutkan ulama dan NU.

“Bawalah marwah NU dengan baik dan benar. Rangkulah ajaran yang melenceng di Solsel, mengayomi dan membawa mereka keajaran dan akidah islam yang benar,” tuturnya.

Anggota DPRD Solok Selatan, Mukhlis berharap kehadiran NU betul-betul untuk memberikan solusi persoalan keagamaan, dan bermamfaat untuk umat.

“Mencegah paham-paham yang tidak sesuai syariat agama, menjadi media dakwah untuk kemaslahatan umat,” tuturnya.

Asisten I Pemkab Solok Selatan Fidel Effendi menyampaikan pesan Bupati, pengurus NU untuk dapat mendukung visi misi Kapala daerah sebagai organisasi keagamaan yang sudah besar.

Solsel butuh pengembangan Sumber Daya Manusia berkualitas, berkarakter, serta priduktif dan  kompetitif dibidang keagamaan.

“NU-Pemkab harus bergandeng tangan dalam mendukung program keagamaan kepala daerah,” paparnya. (Adi)

Ketua PC NU Solsel Terpilih Yulkisra saat memberikan sambutan jelang konfercab PCNU di aula Kantor Bupati Solsel