Merauke, Kopasnews.com — Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) kembali menorehkan prestasi gemilang pada kejuaraan PON XX di Papua pada 2021 ini.

Para atlet Mahasiswa UMKT berhasil mengharumkan nama Kalimantan Timur, dengan meraih penghargaan berbagai prestasi cabang olahraga seperti Anggar, Kabaddi dan Taekwondo yang telah dijuarainya.

Cabang olahraga Anggar di Provinsi Kalimantan Timur berhasil dimenangkan oleh Gebhy Novitha dengan perolehan 1 medali emas pada perlombaan Anggar kategori Sabel Individual Putri dalam kejuaraan PON XX Papua 2021.

Gaby sendiri berhasil meraih medali emas pada partai final yang akhirnya mampu mengalahkan Ima Safitri, Ima Safitri sendiri hanya mampu meraih medali perak, keduanya bertanding di GOR Archelaus Sai, Marauke.

Prestasi Gebhy Novitha, Mahasiswa S1 Pendidikan Olahraga UMKT Angkatan 2019 tidak hanya dalam bidang cabang olahraga Anggar saja.

Akan tetapi ia pernah  meraih medali emas kejuaraan nasional kadet dan junior tahun 2017 lalu, dan juga pada kejuaraan internasional anggar se-Asia Tenggara kategori kadet dan junior di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara itu, perolehan medali perak pada kejuaraan Anggar diraih oleh Anis Rahaddatul yang juga memenangkan perlombaan Anggar kategori Sabel Individual Putri. Tim Anggar Kaltim sudah berhasil mengantongi 1 mendali emas dan 1 mendali perak pada gelaran PON XX di Papua.

Kejuaraan yang lain pun di dapat oleh cabang olahraga Kabaddi dan cabang olahraga Taekwondo, Imam Wahyudi yang telah meraih 1 mendali emas dan 1 mendali perunggu pada perlombaan Kabaddi PON.

Tidak hanya Imam Wahyudi, Novia Anggraiani beserta Siti Nur Suhada pun berhasil meraih 1 mendali emas dan 1 mendali perunggu pada ajangolahraga Kabaddi, dan juga Luthfi Lukmanul Hakim yang berhasil mendapatkan 1 mendali perunggu pada kejuaraan Taekwondo.(Sumber Suara Muhammadiyah)