Padang, Kopasnews.com — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus menggalakkan program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah melalui pelatihan perkoperasian kelompok masyarakat.

“Pelatihan ini dalam pemantapan pengelolaan koperasi dengan baik bagi kelompok masyarakat di tiga Kabupaten di Sumatera Barat, dengan jumlah peserta sebanyak 90 orang,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Barat, Naswir, Selasa (5/10/2021) saat membuka pelatihan di hotel Axana Padang.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari dimulai tanggal 4 s.d 7 Oktober 2021 diikuti kelompok perkoperasian masyarakat di Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Solok dan Kota Solok (Solok Raya).

Hal ini dalam upaya mendukung perkembangan koperasi dan UMKM di Sumbar, maka perlu dibekali prioritas pada pengembangan SDM melalui pendidikan dan pelatihan bagi pengurus dan pengelola koperasi.

“Intinya untuk menciptakan 100 ribu interpreniur baru bagi Sumbar,” bebernya.

“Justru itu, pelaku usaha dituntut memiliki kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan usaha yang ditekuni, agar bisa lebih maju dan berkembang dengan baik,” harap Nazwir.

Anggaran dana pelatihan tersebut bersumber dana Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRD Sumatera Barat, Mario Syahjohan dari Partai Gerindra, guna dalam memfasilitasi SDM kelompok masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal yang berdampak pada perluasan kesempatan kerja.

Bertujuan mengurangi pengangguran dan menata serta membangun pasar tradisional yang lebih baik guna menampung para pedagang kecil di Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Solok dan Kota Solok. (AdI)

Narasumber memasangan kokarde kepada peserta disaksikan Kadis Koperasi UKM Sumbar di Axana Hotel Padang