Kasus Aktif Covid-19 di Agam Genap Tersisa 100 Orang

Agam, Kopasnews.com – Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Agam terus menyusut akhir-akhir ini. Jumlah warga positif yang masih menjalani perawatan serta isolasi di kabupaten itu tersisa genap 100 orang.

Laporan data Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten itu, wabah Covid-19 sudah menginfeksi 7.772 warga Agam hingga Kamis (30/9). Tercatat satu penambahan warga terkonfirmasi baru di hari tersebut.

Sedangkan pasien sembuh bertambah 10 orang, sehingga total angka kesembuhan menjadi 7.463 kasus. Kondisi ini membuat kasus aktif menyusut jadi 100 kasus dan jumlah kematian akibat Covid-19 tetap di angka 209 kasus.

“Penyebaran virus corona di Kabupaten Agam mulai melandai akhir-akhir ini. Jumlah kasus harian semakin berkurang, sementara angka kesembuhan terus menunjukkan tren perbaikan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Hendri Rusdian.

Menurutnya, penurunan angka kasus aktif Covid-19 yang signifikan tersebut tidak lepas dari kegigihan para tenaga kesehatan maupun petugas di semua level. Sekaligus menunjukkan strategi penanganan dan pencegahan berjalan dengan baik di tengah masyarakat.

Meski begitu kata dr. Hendri, protokol kesehatan tidak boleh berhenti dilakukan sekalipun vaksinasi terus banyak diberikan ke masyarakat. Selain itu, tentu saja upaya vaksinasi yang merata di semua wilayah perlu dicapai sesegera mungkin.

Ia menambahkan, penyebaran kasus Covid-19 terbaru satu warga positif berasal dari Kecamatan Tilatang Kamang. Untuk 10 warga sembuh tersebar pada 8 kecamatan.

Rinciannya, dua kasus masing-masing disumbang Kecamatan Banuhampu dan Canduang. Lalu masing-masing satu kasus dari Kecamatan Tanjung Raya, Ampek Nagari, Palembayan, Matur, Ampek Angkek, dan Baso.

“Untuk 100 kasus aktif yang tersisa, 92 orang menjalani karantina mandiri dan sisanya dirawat di rumah sakit,” papar kadis.(if)

error: Content is protected !!