Intip keindahan alam Gua Batu Kapal (GBK) di hamparan perkebunan kelapa sawit di Ngalau Indah, Desa Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Gua ini telah menyita perhatian wisatawan lokal, nasional, dan asing. Gua ini diperkenalkan pada tahun 2017 dan telah mencuri perhatian wisatawan dunia.

Bahkan disebut-sebut sebagai magnet dan jantungnya wisata alam di Sumatera Barat. Tidak hanya menjual keindahan alam di sekitar tempat teduh, dan sejuk. Namun, memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

“Kemegahan dan keunikan jutaan pahatan masterpiece alam di dinding goa, di langit-langit goa mampu memukau pengunjung,” kata Pemkab Sangir Balai Janggo, Muslim, Rabu 29 September 2021.

Ia menjelaskan, pemandangan ini terlihat dari pintu masuk ke lorong-lorong Gua Batu Karang yang menyerupai perahu yang terdampar di darat.

Memiliki corak dan warna yang beragam, begitulah yang dirasakan pengunjung di sekitar goa.

Wah menarik sekali ya, rugi sekali pengunjung yang belum pernah datang dan merasakan sensasi Gua Batu Kapal ini.

“Di Gua, sangat menghipnotis setiap pengunjung yang datang, karena tidak terasa berjam-jam telah dihabiskan. Satu jam terasa seperti satu menit,” jelasnya.

Itulah magnet akrobatik bagi perasaan pengunjung yang jatuh cinta pada sentuhan pertama Gua Batu Kapal, pengunjung selalu ingin berada dan berjalan di setiap sisi lorong gua yang unik.

“Datanglah ke Solok Selatan, nikmati sensasi goa batu kapal,” ujarnya. (Adi)