Agam, Kopasnews.com — Pemerintah Kabupaten Agam terus berupaya memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten itu. Kali ini pemerintah daerah setempat meluncurkan program jemput bola ke nagari demi mempercepat herd immunity.

“Setelah mengandalkan program gebyar vaksinasi, kali ini diluncurkan strategi Derap Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Agam, dr. Hendri Rusdian didamping Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Agam, Rini Harpega, Senin (27/9).

Menurutnya, lewat program Derap Covid-19 ini pihaknya akan turun jemput bola sekaligus sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat.

Dijelaskan, Derap Covid-19 merupakan bentuk kampanye prokes 3M dan vaksinasi gratis dalam upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Agam.

“Tim Satgas Covid-19 kabupaten akan turun ke nagari-nagari mengedukasi masyarakat,” tuturnya.

Tidak hanya edukasi seputar pentingnya protokol kesehatan atau membuka kegiatan vaksinasi gratis.

Melainkan juga edukasi seputar informasi hoax yang selama ini beredar tentang penanganan pandemi.

“Banyak informasi hoax beredar di tengah masyarakat. Seperti ibu hamil tidak boleh vaksin, itu tidak benar. Ini bentuk program jemput bola yang kita lakukan agar masyarakat mau untuk vaksin dengan memberikan edukasi ke mereka,” papar Rini.

Dijadwalkan tambahnya, penyelenggaraan Derap Covid-19 akan dilakukan perdana di Nagari Ampanggadang, Kecamatan Ampekangkek. (If)