Untuk meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat, Pemkab Solok Selatan jalin kerjasama dengan Politeknik Universitas Andalas (Unand) Padang.

Kerjasama itu fokus kepada program studi diluar kampus utama, kerjasama ini adalah salah satu bukti dan komitmen dalam meningkatkan SDM regenerasi di Solok Selatan. 

“Kerjasama ini salah satu program visi dan misi kami sebagai kepala daerah dalam peningkatan SDM yang berkarakter, produktif, dan kompetitif,” ujar Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Wakilnya Yulian Efi, Jumat (24/9/2021).

Dijelaskannya, pelaksanaan kegiatan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) tersebut di selenggarakan di kampus utama Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan, Sumatera Barat.

Dan telah tersedia beberapa jurusan yakni D3 Teknik Komputer dan D3 Akutansi. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan pendidikan bagi generasi daerah di Solok Selatan.

Bupati Khairunas berharap dengan adanya program kerjasama itu, kepada putra dan putri Solok Selatan dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin.
Direktur Politeknik Negeri Padang Surfayondri menjelaskan, sejak tahun 2018 berdasarkan kebijakan Kementerian, AKA tidak boleh lagi menerima mahasiswa baru sehingga pemerintah daerah bersama politeknik diberi kesempatan untuk membuka PSDKU.

Dia berharap masyarakat tidak ragu untuk melanjutkan pendidikan anak-anak mereka di PSDKU. Selain Kampus Negeri, Program Studi di PSDKU yakni Teknik Komputer dan akuntansi adalah program studi resmi yang ajukan Kemendikbud berdasarkan beberapa persyaratan.

“Jadi, masyarakat jangan ragu lagi menguliahkan anak-anak mereka d PSDKU,” bebernya. (Adi)