Agam, Kopasnews.com — Jumlah pasien sembuh dari paparan Covid-19 di Kabupaten Agam terus bertambah. Terbaru dinyatakan sebanyak 17 pasien di daerah itu sudah bebas atau negatif dari infeksi virus tersebut, Jumat (24/9).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Hendri Rusdian mengatakan, belasan pasien sembuh tersebar pada 8 kecamatan. Dengan penambahan itu menjadikan total kesembuhan Covid-19 di Agam sebanyak 7.436 orang.

“Kondisi ini menandai tren penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Agam terus berlanjut,” katanya.

Dijelaskan, mereka yang sembuh yakni 6 warga Lubuk Basung, 3 warga Tanjung Raya, 2 warga Palembayan, 2 warga Ampek Angkek dan masing-masing 1 warga Matur, Banuhampu, Canduang dan Tilatang Kamang.

Meski begitu lanjutnya, juga terdapat 6 kasus positif Covid-19 baru di hari yang sama. Yakni, 2 kasus masing-masing di Lubuk Basung, Tanjung Raya dan Banuhampu.

“Secara kumulatif, kasus Covid-19 Agam sudah mencapai 7.760 kasus. Namun demikian, kasus aktif hanya tersisa sebanyak 116 kasus lagi,” tuturnya.

Meski tren positivity rate Covid-19 di Agam mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir, pihaknya meminta agar masyarakat tidak buru-buru menyimpulkan Covid-19 sudah terkendali.

Masyarakat juga diingatkan agar tetap berhati-hati dalam menyikapi perbaikan pengendalian wabah tersebut. Jangan sampai lengah dan memicu kembali kenaikan kasus.

“Walaupun penambahan kasus Covid-19 menunjukkan sebuah tren penurunan, masyarakat tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tidak lengah,” pinta kadis.(if)