Solsel, Kopasnews.com — Ratusan Sapi ternak telah diterima kelompok tani di tujuh Kecamatan di Solok Selatan, sebagai bentuk penyaluran program satu sapi untuk satu Kepala Keluarga (KK) di daerah berjulukan Sarantau Sasurambi itu.

Bupati Solok Selatan Khairunas saat launching progul sapi ternak itu menyebutkan, dari APBD Solok Selatan telah direalisasikan program satu sapi satu keluarga perdana berjumlah 140 ekor sapi untuk 7 kelompok tani di tujuh kecamatan di Solsel. 

Dia mengatakan, Pemkab akan evaluasi kembali kekandang. Apakah sapi-sapi yang diserahkan tersebut betul-betul dirawat dengan baik. Pengembangannya kedepan, sehingga jumlah sapi meningkat setidaknya 50 persen di tahun depan.

“Tujuan progul satu sapi satu KK ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, nah di sisa recofusing APBD Solok Selatan masih mampu merealisasikan 140 ekor sapi untuk 7 Keltan,” ungkap Bupati Solok Selatan Khairunas, Selasa (21/9/2021).

Usai penyerahan sapi untuk keltan di Jorong Bulantiak, Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauhduo, Bupati menyebutkan, dari 34 Provinsi se Indonesia, Solok Selatan salah satu Kabupaten Kota yang memiliki program sapi yang terintegrasi dengan program pusat.

“Disamping kita realisasikan dari APBD Solsel, juga ada 1.000 ekor sapi telah dialokasikan oleh Pemerintah Pusat untuk Solsel di tahun 2021,” bebernya.

Realisasi program Satu sapi 1 keluarga katanya, akan disesuaikan dengan keuangan daerah dan pusat. Harus disediakan padang rumput untuk peternakan yang sudah diterima Keltan, agar sapi tetap mendapatkan asupan makanan yang cukup.

“Untuk tahun 2022 harus dipersiapkan dari sekarang. Baik sosialisasinya, pakan rumputnya,” ujarnya.

Kepada kelompok Bupati berharap jangan sampai gagal. Jika tahap pertama gagal, tentu akan menjadi evaluasi bagi kami semua. Camat, Penyuluh dan wali nagari se-Kabupaten Solok Selatan, agar dikontrol pelaksanaan program ini.

“Bagaimana anggota kelompok mampu mengembangkan dengan baik, sebab akan diawasi ke 7 Keltan yang sudah direalisasi sepinya hari ini melalui APBD,” terangnya. 

Plt.Kepala Dinas Pertanian Peternakan Solok Selatan, Richi Amra menambahkan, Launching 140 ekor sapi sesuai vsi misi kepala daerah yang terintegrasi dengan pusat. 
7 kelompok tani dari 7 kecamatan yang menerima sapi dari APBD Solok Selatan yakni:
1.Kelompok Tani Maju Bersama Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) jenis Sapi PO.
2. Kelompok Tani Karya Maju Kecamatan Sungai Pagu
3. Kelompok Tani Suka Damai Kecamatan Pauh Duo
4. Kelompok Tani Sarumpun Saiyo Kecamagan Sangir
5. Kelompok Tani Ranah Bukik Taeh Kecamatan Sangir Jujuan jenis Sapi Bali
6. Kelompok Tani Abai Sejahtera jenis Sapi Bali
7. Kelompok Tani Bukit Batu Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo Sapi Bali. (Adi)