Agam, Kopasnews.com – Masyarakat di Kabupaten Agam yang sudah mendapatkan suntik vaksin diharapkan dapat menjadi agen sosialisasi vaksinasi Covid-19. Masyarakat juga diminta jangan takut dan ragu untuk divaksin, sebab bahan yang digunakan sangat aman dan halal.

Ajakan itu disampaikan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt. Parpatiah saat meninjau gerai vaksin presisi Polres Agam yang digelar di kawasan Gedung Olah Raga (GOR) Rang Agam, Minggu (19/9).

“Kami berharap masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 bisa menjadi agen vaksinasi dengan mengajak masyarakat lain yang belum divaksin. Semisal tetangga, terutama karib kerabat. Meyakinkan tentang vaksinasi ini aman,” ujarnya didampingi Kepala Dinas Kesehatan Agam, dr. Hendri Rusdian.

Wabup mengingatkan masyarakat Kabupaten Agam untuk tidak mudah mempercayai kabar bohong seputar vaksin. Sebab, sejauh ini vaksinasi Covid-19 terbukti efektif menangkal risiko buruk yang disebabkan virus Corona.

Pada kunjungan itu, Irwan Fikri juga memberikan semangat kepada tenaga kesehatan yang bertugas. Menurutnya, tenaga kesehatan merupakan ujung tombak yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19.

“Terima kasih rekan-rekan yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya meski di hari libur, tetap semangat dan tetap sehat,” ucapnya.

Sementara itu Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan menerangkan, Polri turut menggencarkan gerakan vaksinasi di gerai vaksin presisi demi mempercepat pencapaian herd immunity secara nasional. Di Agam katanya, gerai dibuka di tempat-tempat umum, seperti kawasan GOR dan kawasan pasar tradisional.

“Gerai vaksin presisi mulai digencarkan setelah beberapa kali kita menggelar vaksinasi massal di Mapolres. Dalam hal ini kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan,” kata Kapolres.

Pihaknya aku Kapolres, juga membuka gerai vaksin presisi setiap hari bekerjasama dengan puskesmas-puskesmas di kabupaten itu. Ke depan, gerai-gerai akan diperbanyak lagi dengan menyasar tempat-tempat wisata.

Pihaknya berharap dengan gerai vaksin presisi itu dapat membantu mempercepat program vaksinasi yang dilakukan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, Khususnya di Kabupaten Agam.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk dapat juga berperan aktif dalam upaya pemerintah menekan penyebaran Covid 19 ini. Selain menjalankan protokol kesehatan dengan baik yaitu dengan melaksanakan vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Diketahui, gerai vaksin presisi di Gor Rang Agam kemarin diikuti 188 orang. Sebanyak 181 orang peserta diantaranya berhasil divaksin, sementara tujuh orang lainnya ditunda dengan alasan kesehatan.

Mereka yang divaksin itu dengan rincian 166 orang masih vaksinasi tahap I dan 15 orang pemberian dosis kedua. Adapun jenis Vaksin yang terpakai jenis Sinovac sebanyak 4 vial dan Moderna 10 vial.(if)