Operasi Patuh Singgalang 2021, Polres Agam Tindak Pelanggar Lalin dan Perluas Cakupan Vaksinasi

  • Adit
  • 18 September 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Operasi Patuh Singgalang 2021, Polres Agam Tindak Pelanggar Lalin dan Perluas Cakupan Vaksinasi

Agam, Kopasnews.com – Jajaran Polres Agam mulai menggulirkan Operasi Patuh Singgalang 2021. Operasi tertib berlalu lintas itu dimulai pada 20 September hingga 3 Oktober mendatang.

Selain melakukan pemeriksaan kelengkapan berkendara, operasi yang bakal digelar selama 14 hari itu juga memastikan kedisiplinan pengguna jalan terhadap protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dan memperluas cakupan vaksinasi.

“Selain melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan saat berkendara seperti SIM dan STNK serta kelengkapan kendaraan bermotor, juga akan dilakukan penegakan displin prokes Covid-19,” ujar Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan saat apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2021, Sabtu (18/9).

Lebih lanjut disampaikan, Operasi Patuh Singgalang 2021 tidak hanya fokus pada pengaturan lalu lintas saja. Namun operasi itu juga sebagai sarana mengajak masyarakat untuk memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Agam

“Operasi Patuh Singgalang kali ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran pengendara terhadap prokes dan tertib berlalu lintas di tengah merebaknya Covid-19,” ucapnya.

Dikatakan Kapolres, Operasi Patuh Singgalang 2021 secara prinsip merupakan upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Adapun prioritas penindakan yaitu pengendara di bawah umur, tidal menggunakan helm SNI, menerobos lampu merah, menggunakan ponsel saat berkendara.

Termasuk katanya bakal menindak tegas aksi balap liar dan memberikan denda maksimal pelakunya. Jika kedapatan kendaraan mereka akan langsung dikandangkan selama satu bulan. Sedangkan pelakunya akan diberikan denda maksimal Rp2,5 juta sampai Rp3 juta.

“Kami juga menindak pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara melawan arus. Terutama sekali juga menindak pengendara yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Terkait perluasan cakupan vaksinasi Covid-19, Kapolres Agam mengajak semua pihak turut mendukung kegiatan Operasi Patuh Singgalang 2021 ini dengan cara mendatangi gerai-gerai vaksinasi Covid-19.

“Kami di Polres Agam setiap hari Minggu menggelar gebyar vaksinasi bertempat di GOR Rang Agam. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin, silakan kunjungi gerai tersebut,” ujarnya.

Senada, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt. Parpatiah mengingatkan seluruh pengendara untuk tertib berlalu lintas serta bersedia mengikuti gebyar vaksinasi Covid-19 yang digelar Polres Agam.

“Mari jaga keselamatan berlalu lintas dengan mengikuti aturan yang berlaku. Tertib berlalu lintas bukan hanya pada saat ada operasi patuh saja, tapi juga pada setiap saat berkendara,” ujarnya wabup yang turut menghadiri apel.

Pihaknya imbuh Irwan Fikri, mengapreasiasi pihak kepolisian yang turut melakukan edukasi dan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan Covid-19 pada Operasi Patuh Singgalang 2021.

Sebagai antisipasi penularan Covid-19 dan dalam rangka memperkuat herd immunity katanya, saat ini Permerintah Kabupaten, TNI, dan Polri juga gencar menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19.

“Dengan digelar operasi ini, semoga dapat mewujudkan kamseltibcarlantas yang baik serta dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Agam,” ucapnya.

Menurut Wabup, masyarakat jangan khawatir dengan vaksinasi Covid-19. Pihaknya menegaskan, vaksinasi Covid-19 sangat aman untuk dilakukan, sebab sejauh ini tidak ditemukan dampak yang membahayakan bagi kesehatan.(if)

error: Content is protected !!