Tiga Pesan Wali Nagari Setiap Kunjungan Ke Masyarakat dan Jorong

  • Adit
  • 11 September 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tiga Pesan Wali Nagari Setiap Kunjungan Ke Masyarakat dan Jorong

Pemerintah Kenagarian Alam Pauh Duo terus memberikan arahan disetiap kunjungan ke masyarakat, termasuk disaat hajatan peringatan kematian masyarakat nagari tersebut.

Di sela-sela mengaji 40 hari warga jorong Taratak Tinggi, Wali Nagari Alam Pauh Duo, Zainal Abidin menyampaikan berapa hal kepada masyarakat dan pemerintah jorong setempat.

Selain tanggungjawab seorang jorong  sangat berat kepada masyarakat, salah satunya tentang rata-rata masyarajat harus valid seperti jumlah penduduk tetap, pindah, datang, lahir dan meninggal dunia.

“Harus diarsipkan sebagai dokumen, termasuk untuk sama-sama saling menjaga keamanan dan ketentraman di jorong ditempati,” ujar Zainal Abidin, Sabtu (11/9/2021) malam.

Disamping  itu, kepala jorong harus bisa menggajak masyarakat untuk menggiatkan gotong royong (goro), setidaknya dialaksanakan sekali satu bulan untuk membersihkan lingkungan terutama  tempat ibadah, jalan jalan yang di wilayah jorong.

Sebab dilihatnya perlu digorokan jalan yang rusak tersebut, sehingga kendaraan bisa melintasi dengan nyaman.

“Giat goro sekali sebulan sangat kita harapkan terealisasikan, sebab kebutuhannya untuk bersama,” harap Zainal.

Dia meminta pihak jorong atau masyarakat membuat proposal untuk mendapatkan bantuan, pihaknya sebagai wali nagari siap memperjuangkannya kepada Pemkab Solok Selatan dan DPRD Solok Selatan.

“Proposal pertanian, jalan dan lainnya meski kita upayakan untuk dibuat. Sehingga peluang bantuan pemerintah dapat kita jemput ke kabupaten,” tuturnya. (Adi)

error: Content is protected !!